Mengenal Sosok Sukatno Calon Wawali Kota Bengkulu, Dari OB Hingga Jabat Direktur Utama

Rabu 28-08-2024,09:25 WIB
Reporter : Amris
Editor : Amris

RMONLINE.ID - Tokoh media Bengkulu kembali tampil di Pilkada serentak 2024, ia adalah Sukatno,M.Si Direktur Utama (Dirut) BETV.

Diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Sukatno maju menjadi wakil walikota (Wawali) Kota Bengkulu berpasangan dengan  Dr H Dani Hamdani M.Pd sebagai calon walikota.

Awalnya Sukatno sempat digadang-gadangkan akan maju pencalonan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu.

Untuk diketahui, Setelah mendapat kepercayaan dari Dr. H. M.Muslimin, SH, MH Dirut RB Media Grup, Sukatno menjadi sosok yang cukup dikenal dan disegani di Bengkulu berkat kesuksesannya membawa Bengkulu Ekspress menjadi salah satu koran atau media terbesar di Bengkulu anak perusahaan dari Rakyat Bengkulu (RB) media grup.

Namun jangan salah, Sokatno bukan dari keluarga yang serba ada, ia merintis karir hingga menjadi pengusaha besar di Bengkulu dari bawah. Dimana berawal dari menjadi office boy (OB) pada tahun 1993 di kantor Koran Harian Semarak Jalan Basuki Rahmat.

BACA JUGA:Lanjutan Program Internet Desa di Mukomuko Sentuh Sarana Pendidikan, SD, MI, MTs, MA dan RA

BACA JUGA:Sapuan – Wasri Siap Menuju Pilkada Mukomuko dengan 5 Parpol Pengusung

Melansir tulisan dari M.Muslimin di harianrakyatbengkulu.bacakoran.co, Sukatono merupakan sosok yang memiliki keuletan dan ketekunan dalam bekerja dan pantang menyerah.

"Sebelum terjun ke dunia politik, Sukatno mengawali karier dari bawah. Pinjam istilahnya anak muda sekarang, “benar-benar dari nol.”," kata Muslimin.

Lanjut Muslimin, keuletannya menggelitik pimpinan untuk memberikan kesempatan dirinya menjadi wartawan sekitar tahun 1994. 

Terbukti sukses menjadi seorang wartawan profesional, ia pun menaikki jenjang kariernya menjadi Redaktur Harian Semarak pada Tahun 1996, hingga sampai pada puncak kariernya menjadi Manager Event ketika Kantor Harian Semarak berubah peralihan menjadi Harian Rakyat Bengkulu (RB) pada tahun 2001.

BACA JUGA:Ini Pesan Ichwan Yunus Untuk Paslon Bupati Mukomuko Edwar Setiawan - Ruslan

BACA JUGA:Pemilihan Bupati Mukomuko, Aroma Persaingan Choriul Huda Vs Sapuan Lebih Menyengat

Tidak hanya itu, berkat kerja keras yang tinggi, Sukatno pun ditugaskan memimpin salah satu media ternama di Provinsi Bengkulu yakni Harian Bengkulu Ekspress merupakan anak perusahaan dari Rakyat Bengkulu (RB) media grup, dengan dipercaya menjadi GM Harian Bengkulu Ekspress (BE). Hingga menjadi Direktur Utama (Dirut) BETV.

Sementara di karier organisasi, Sukatno juga sangat sukses dan bisa diandalkan. Ia pernah menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu tahun 2010 sampai 2015. Dimasanya sebagai Ketua PWI Provinsi Bengkulu, dia berhasil mencatat sejarah baru untuk Provinsi Bengkulu. Ia berhasil menggelar perayaan puncak Hari Pers Nasional tahun 2014 yang dihadiri langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sekaligus meresmikan langsung bangunan Tugu Pers di kawasan Tapak Paderi, yang saat ini menjadi salah satu Ikon ternama Bengkulu.

Kategori :