Rekomendasi 5 Aplikasi Olah Data Selain SPSS

Sabtu 24-08-2024,09:56 WIB
Reporter : Ahmad Kartubi
Editor : Ahmad Kartubi

RMONLINE.ID - Perkembangan digital kini membuat pengolahan data menjadi lebih mudah. Saat ini sudah tersedia aplikasi pengolah data selain SPSS yang bisa digunakan. Tak perlu khawatir dengan hasilnya, karena akan sama akuratnya dengan SPSS.

Tiap tools pengolahan data memiliki fungsi dan keunggulannya sendiri. Oleh karenanya, perlu dipertimbangkan mana aplikasi pengolah data yang paling tepat untuk digunakan. Salah aplikasi pengolahan data, maka proses olah data yang harusnya bisa selesai cepat akan terhambat.

Rekomendasi Aplikasi Pengolah Data Selain SPSS


Rekomendasi 5 Aplikasi Olah Data Selain SPSS--Sumber : Freepik

Microsft Excel

Nama Microsoft Excel tentu sudah tak asing di telinga. Aplikasi bawaan Windows ini jadi salah satu aplikasi pengolah data dan angka yang cukup populer. Dengan bantuan Excel, pengguna bisa mengumpulkan, menyimpan, mengklasifikasi, hingga mengolah data sekaligus.

Bukan itu saja kelebihan dari Excel, pengguna bisa memilih sendiri jenis formula, rumus, maupun fungsi yang ingin digunakan untuk analisis data. Ketika data sudah selesai diolah, pengguna bisa memfilter data maupun membuat grafik untuk memudahkan penyampaian hasil.

MySQL

Bagi yang berkecimpung di dunia pemrograman, MySQL tentu sudah sering digunakan. Ternyata MySQL termasuk dalam aplikasi pengolah data selain SPSS yang cukup digemari. Pasalnya tools pengolahan data ini bersifat open source, namun tetap bisa digunakan untuk mengakses, mengolah, serta mengelola data.

Dalam penggunannya, aplikasi MySQL memiliki fitur dan kemampuan yang cukup lengkap. Variasi data yang bisa diolah di MySQL juga cukup besar, bahkan pengguna bisa mengatur hak akses dan keamanan di dalamnya.

Tableau

Banyak pengguna yang merasa aplikasi pengolah data hanya bisa menampilkan hasil akhir yang mentah. Namun berbeda dengan Tableau, aplikasi ini bisa membantu pengguna membuat visualiasi sekaligus menampilkan data yang lebih menarik.

Bagi pengguna yang terbiasa olah data SPSS, tak perlu khawatir saat menggunakan Tableau. Sebab aplikasi ini bisa menggabungkan data dari banyak sumber, sekaligus menganalisis dan membuatnya dalam bentuk laporan visual.

Apache Hadoop

Aplikasi pengolah data selain SPSS selanjutnya adalah Apache Hadoop. Sebagai salah satu framework open source, Apache Hadoop bisa membantu pengguna mengolah data dengan skala yang besar.

Kategori :