5 Manfaat Tanaman Ajeran Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui!

Kamis 15-08-2024,15:32 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

Manfaat anti-radang dari ajeran membuatnya potensial untuk digunakan dalam penanganan berbagai kondisi inflamasi, mulai dari artritis hingga penyakit inflamasi usus. 

Penggunaan topikal ekstrak ajeran juga telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam mengurangi peradangan kulit akibat sengatan serangga atau reaksi alergi ringan.

Membantu Mengatasi Pendarahan

Kemampuan tumbuhan ajeran dalam menghentikan pendarahan atau efek hemostatiknya merupakan salah satu khasiat yang paling dihargai dalam pengobatan tradisional. 

Daun ajeran yang ditumbuk dan diaplikasikan langsung pada luka terbuka dapat membantu mempercepat pembekuan darah dan mengurangi pendarahan.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Tumbuhan ajeran juga diketahui memiliki efek positif pada sistem peredaran darah. Kandungan flavonoid dalam ajeran berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif. 

Selain itu, beberapa senyawa dalam ajeran memiliki efek vasodilator, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah.

Manfaat ini tidak hanya berkontribusi pada kesehatan jantung dan pembuluh darah secara umum, tetapi juga dapat membantu meringankan gejala pada kondisi seperti varises atau pembengkakan kaki. 

Bermanfaat Sebagai Astringen

Sifat astringen dari tumbuhan ajeran membuatnya berguna dalam berbagai aplikasi kesehatan dan kecantikan. 

Astringen adalah senyawa yang dapat menyebabkan kontraksi jaringan tubuh, yang bermanfaat dalam menghentikan sekresi berlebih dan mengencangkan jaringan.

Dalam perawatan kulit, sifat astringen ajeran dapat membantu mengecilkan pori-pori, mengurangi produksi minyak berlebih, dan bahkan membantu mengatasi jerawat ringan. 

Penggunaan internal ajeran sebagai astringen juga dapat membantu mengatasi diare ringan dengan memperkuat dinding usus dan mengurangi sekresi cairan berlebih di saluran pencernaan.

Meskipun tumbuhan ajeran menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang menjanjikan, penting untuk diingat bahwa penggunaannya harus dilakukan dengan bijak dan hati-hati.*

Kategori :