Di Balik Rasanya yang Aneh! Inilah Berbagai Manfaat Wasabi Bagi Kesehatan

Jumat 09-08-2024,07:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

Vitamin C membantu menghambat produksi melanin berlebih yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan noda gelap pada kulit. 

Selain itu, sifat anti-inflamasi wasabi dapat membantu meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit, memberikan tampilan yang lebih sehat dan bercahaya.

Membantu Mengatasi Rambut Rontok

Mungkin mengejutkan bagi sebagian orang, tetapi wasabi juga memiliki potensi dalam mengatasi masalah kerontokan rambut. 

Isothiocyanates yang terkandung dalam wasabi telah terbukti dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Selain itu, kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium dalam wasabi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut. 

Kalsium membantu memperkuat batang rambut, sementara magnesium membantu mencegah kerusakan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Mencegah Resiko Kanker

Salah satu manfaat wasabi yang paling menjanjikan dan sedang intensif diteliti adalah potensinya sebagai agen anti-kanker alami. 

Isothiocyanates, terutama 6-methylsulfinylhexyl isothiocyanate yang ditemukan dalam wasabi, telah menunjukkan aktivitas anti-kanker yang kuat dalam berbagai studi laboratorium.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cara menginduksi apoptosis (kematian sel terprogram) pada sel-sel kanker. 

Selain itu, isothiocyanates juga dapat membantu mencegah mutasi DNA yang dapat menyebabkan kanker.

Meskipun penelitian masih dalam tahap awal dan sebagian besar dilakukan in vitro atau pada hewan, hasil-hasil ini sangat menjanjikan dan membuka jalan untuk penelitian lebih lanjut tentang potensi wasabi dalam pencegahan dan pengobatan kanker.

Semoga bermanfaat.*

Kategori :