Cocok untuk Lidah Orang Indonesia! Begini Resep dan Cara Membuat Hainanese Chicken Rice

Sabtu 03-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

Tidak jarang pula ditambahkan kerupuk atau emping sebagai pelengkap, memberikan tekstur renyah yang disukai masyarakat Indonesia.

Variasi lain yang populer adalah "Nasi Ayam Hainan Goreng", di mana ayam yang sudah direbus kemudian digoreng sebentar hingga kulitnya crispy. 

Ini merupakan adaptasi yang sangat disukai di Indonesia, mengingat banyak orang Indonesia yang menyukai tekstur renyah pada hidangan ayam mereka.

BACA JUGA:Paskibraka Mukomuko Jalani Karantina 14 Hari, Kesbangpol: Makanan dan Kesehatannya Kami Pantau

BACA JUGA:Prabowo Segera Tetapkan Calon Bupati Mukomuko, Ini Tiga Nama Yang Berpeluang

Dari segi penyajian, Hainanese Chicken Rice di Indonesia seringkali lebih "komplit" dibandingkan versi aslinya. Selain nasi dan ayam, biasanya disertakan pula sup sayuran atau sup tulang ayam sebagai pendamping. 

Beberapa tempat makan bahkan menyajikannya dengan tambahan hati dan ampela ayam goreng.

Menariknya, meskipun telah mengalami berbagai adaptasi, esensi dari Hainanese Chicken Rice tetap terjaga. 

Kelembutan ayam yang direbus sempurna, aroma nasi yang wangi berkat kaldu ayam, dan kombinasi rasa yang seimbang tetap menjadi ciri khas hidangan ini.

Popularitas Hainanese Chicken Rice di Indonesia menunjukkan bagaimana sebuah hidangan dapat beradaptasi dan diterima dalam budaya kuliner yang berbeda. 

Ini juga menjadi cerminan dari keberagaman kuliner Indonesia yang mampu mengadopsi dan mengadaptasi hidangan dari berbagai penjuru dunia menjadi bagian dari kekayaan gastronomi nasional.

Bagi para pecinta kuliner, mencicipi berbagai versi Hainanese Chicken Rice di Indonesia bisa menjadi pengalaman yang menarik. 

Setiap daerah dan bahkan setiap warung makan mungkin memiliki sentuhan unik tersendiri, menjadikan perjalanan mencicipi hidangan ini sebagai petualangan kuliner yang tak terlupakan di Nusantara.*

Kategori :