3 Hal Buruk yang Terjadi Jika Kamu Nekat Melakukan Diet Instan

Jumat 02-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Anwar

RMONLINE.ID - Mencapai tubuh ideal memang menjadi impian banyak orang. Sayangnya, banyak dari kita yang tergiur untuk mencoba diet instan demi mendapatkan hasil yang cepat. 

Diet instan sering kali menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu singkat tanpa memperhatikan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Padahal, diet instan bisa membawa dampak buruk bagi kesehatanmu. 

Dilansir dari berbagai sumber, rmonline.id akan membahas hal buruk apa yang terjadi pada tubuh jika melakukan diet instan.

BACA JUGA:Tidak Banyak yang Tahu! Inilah Berbagai Manfaat Daun Senna Bagi Kesehatan

BACA JUGA:Nikmatnya Secangkir Kopi, Tetapi Punya Ancaman Tersembunyi Bagi Penderita Asam Lambung? Simak Ulasannya Disini

Berikut ini adalah tiga hal buruk yang bisa terjadi jika kamu nekat melakukan diet instan :

1. Gangguan Metabolisme Tubuh

Salah satu efek samping utama dari diet instan adalah gangguan metabolisme tubuh. Diet yang sangat rendah kalori atau membatasi jenis makanan tertentu dapat membuat metabolisme tubuh melambat. 

Metabolisme yang melambat berarti tubuhmu akan membakar kalori lebih sedikit. Alhasil, berat badan akan lebih sulit turun dalam jangka panjang dan bahkan bisa cepat naik kembali setelah diet berakhir.

Menurut Dr. Tirta Prawita Sari, seorang ahli gizi klinis, diet instan yang tidak seimbang dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk metabolisme yang sehat. 

BACA JUGA:Di Balik Kenikmatannya Kol Goreng Punya Dampak Bahaya Bagi Kesehatan Jika di Konsumsi Terlalu Banyak

BACA JUGA:5 Manfaat Minum Susu Bear Brand Sebelum Tidur yang Wajib Kamu Tahu

"Jika tubuh kekurangan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, dan serat, proses metabolisme akan terganggu dan bisa berakibat buruk bagi kesehatan jangka panjang," ujarnya.

2. Menyebabkan Masalah Kesehatan

Kategori :