Suka Merasa Sedih Secara Tiba-tiba, Kenali Gangguan Kesehatan Hypophrenia

Kamis 01-08-2024,09:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Hypophrenia adalah istilah dalam dunia psikiatri yang mungkin tidak sepopuler gangguan mental lainnya, namun memiliki dampak signifikan pada kehidupan individu yang mengalaminya. 

Dilansir dari berbagai sumber, rmonline.id akan menjelaskan gangguan kesehatan Hypophrenia.

Istilah ini merujuk pada kondisi penurunan fungsi kognitif yang dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang, mulai dari kemampuan berpikir hingga interaksi sosial.

Secara etimologi, kata "hypophrenia" berasal dari bahasa Yunani, di mana "hypo" berarti "di bawah" atau "kurang", dan "phrenia" berkaitan dengan "pikiran" atau "diafragma" (yang pada zaman kuno dianggap sebagai tempat pikiran berada). 

Dengan demikian, hypophrenia dapat diartikan sebagai kondisi di mana fungsi mental berada di bawah normal atau mengalami penurunan.

BACA JUGA:Cara Jitu Menumbuhkan Pohon Kurma dari Biji, Dijamin Berbuah Lebat!

BACA JUGA:5 Penemuan Paling Aneh dan Mengejutkan yang Berhasil Ditemukan Oleh Ilmuwan

Individu yang mengalami hypophrenia sering menunjukkan gejala-gejala seperti kesulitan dalam konsentrasi, penurunan kemampuan pemecahan masalah, dan kesulitan dalam mengingat informasi baru. 

Mereka mungkin juga mengalami kesulitan dalam mengekspresikan pikiran mereka secara verbal atau memahami konsep-konsep abstrak. 

Dalam kasus yang lebih parah, hypophrenia dapat menyebabkan individu mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan mempertahankan hubungan sosial.

Penting untuk dicatat bahwa hypophrenia bukanlah diagnosis yang berdiri sendiri dalam sistem klasifikasi gangguan mental modern seperti DSM-5 (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders). 

BACA JUGA:3 Faktor yang Mempengaruhi Cepat Lambannya Proses Penurunan Berat Badan

BACA JUGA:Perhatikan Bahasa Tubuhnya, Ini 3 Tanda Perempuan Tertarik Pada Seseorang

Sebaliknya, istilah ini sering digunakan dalam konteks gejala yang muncul dalam berbagai kondisi psikiatris, termasuk skizofrenia, depresi berat, atau gangguan neurokognitif.

Penyebab hypophrenia dapat bervariasi dan seringkali multifaktorial. Beberapa faktor yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan kondisi ini meliputi:

Kategori :