Harga BBM Bakal Naik, Beli Pertalite Wajib Gunakan Kartu Khusus

Rabu 31-07-2024,10:00 WIB
Reporter : Amris
Editor : Amris

RMONLINE.ID - Informasinya harga BBM Pertamina mulai 1 Agustus 2024 akan naik. Dimana badan usaha penyedia BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) akan mengubah produk harga BBM setiap awal bulan, mengikuti ketentuan harga minyak mentah khususnya Indonesia Crude Price (ICP). 

Dilansir dari Disway.id Penetapan harga BBM, khususnya BBM non-subsidi yang akan dijual pada Agustus 2024 mendatang disampaikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi (migas) Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Mustika Pertiwi bahwa penetapan harga BBM non-subsidi pada bulan Agustus 2024 mendatang akan sesuai dengan regulasi yang sudah ada.

Regulasi yang dimaksud, yakni sesuai Pasal 14A Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Perpres 191/2014 tentang Penyediaan, pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

BACA JUGA:Sekolah di Mukomuko Budayakan Kantin Sehat, Bebas dari Jajanan Berbahaya bagi Kesehatan

BACA JUGA:Pemuda Ini jadi Bandar Narkoba untuk Modal Nikah, Aksi Pelaku Dihentikan Satresnarkoba Polres Mukomuko

Adapula regulasi lainnya, seperti Pasal 10 Permen ESDM 20/2021 tentang perhitungan harga jual eceran BBM sebagaimana yang diubah dengan Permen ESDM 11/2022.

Sementara itu, PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga diketahui masih memantau pergerakan harga minyak dunia. 

Juga penting diketahui mulai agustus nanti beli BBM Pertalite wajib memakai kartu khusus, yaitu Fuel Card 5.0. 

Namun, untuk sementaar syarat menggunakan kartu khusus ini hanya baru berlaku di SPBU di Batam, Riau.

BACA JUGA:Daftar Negara yang Sudah Bisa Menggunakan QRIS untuk Berbelanja, Ngga Perlu Bawa Uang Fisik Lagi

BACA JUGA:Cara Terbaru Ajukan Pinjaman ke BRI, Proses Mudah dan Cepat Dicairkan

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria menjelaskan bahwasanya program Fuel Card 5.0 merupakan program inisiatif dari Pemkot Batam.

Susanto menyampaikan program Fuel Card 5.0 nantinya dapat disandingkan dengan Program Subsidi Tepat Pertamina. 

"Sebelumnya kami punya pengalaman sinergitas Program Subsisi Tepat Biosolar yang disandingkan dengan Fuel Card Pembelian Biosolar Subsidi di Kota Batam," ujarnya.*

Kategori :