Menikah Tanpa Pesta Akhir-Akhir Ini Mulai Marak, Apa Sebabnya

Rabu 24-07-2024,18:30 WIB
Reporter : Anwar
Editor : Ahmad Kartubi

RMONLINE.ID – Pernikahan, sebuah momen sakral yang diimpikan banyak orang. Bagi sebagian besar masyarakat, pernikahan identik dengan pesta besar, hiruk pikuk, dan kebahagiaan yang dibagikan bersama keluarga dan kerabat. 

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, tren pernikahan tanpa pesta mulai marak. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan, mengapa menikah tanpa pesta masih dianggap tabu di masyarakat?

Stigma negatif terhadap pernikahan tanpa pesta berakar dari budaya dan tradisi yang telah lama mengakar. Bagi banyak orang, pernikahan adalah momen untuk merayakan cinta dan kebahagiaan bersama keluarga dan kerabat. 

BACA JUGA:Tradisi Unik Pernikahan Jawa Sumatera Pingitan, Marsipang, Maminang dan Upah-Upah

BACA JUGA:Tradisi Unik Yang Wajib Diketahui, Menyediakan Hidangan Khas Saat Acara Pernikahan

Pesta pernikahan pun dianggap sebagai simbol kesuksesan, status sosial, dan pembuktian eksistensi di tengah masyarakat.

Pandangan ini diperkuat oleh media massa dan industri pernikahan yang gencar menggambarkan pernikahan ideal dengan pesta yang megah dan glamor. 

Tak jarang, calon pengantin tertekan untuk menggelar pesta pernikahan besar, meskipun mungkin tidak sesuai dengan kemampuan finansial mereka. 

Hal ini pun memicu munculnya budaya pamer dan gengsi dalam pernikahan, di mana pesta menjadi tolok ukur kebahagiaan dan kesuksesan.

Namun, seiring dengan perubahan zaman dan nilai-nilai masyarakat, pandangan terhadap pernikahan mulai bergeser. 

Banyak orang kini lebih memilih pernikahan yang sederhana dan intim, dengan fokus pada makna pernikahan itu sendiri daripada kemewahan pestanya. 

Pernikahan tanpa pesta pun mulai dilirik sebagai alternatif yang lebih hemat biaya, ramah lingkungan, dan memungkinkan pasangan untuk lebih fokus pada momen sakral pernikahan mereka.

Pernikahan tanpa pesta memiliki banyak keuntungan. Selain lebih hemat biaya, pernikahan tanpa pesta juga memungkinkan pasangan untuk lebih fokus pada momen sakral pernikahan mereka dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan keluarga dan kerabat. 

Pesta pernikahan, dengan segala hiruk pikuknya, terkadang justru membuat pasangan terdistraksi dari makna pernikahan itu sendiri.

Di sisi lain, pernikahan tanpa pesta juga bisa menjadi bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Pesta pernikahan seringkali menghasilkan sampah dan polusi yang tidak sedikit. Dengan memilih menikah tanpa pesta, pasangan dapat berkontribusi dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Kategori :