Pemkab Mukomuko Pengadaan Ratusan Unit Water Meter, Dukung Penataan Layanan Air Bersih Pelanggan PDAM

Sabtu 20-07-2024,12:19 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi
Editor : Ibnu Rusdi

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu melaksanakan pengadaan ratusan unit water meter dalam mendukung penataan layanan air bersih di rumah-rumah pelanggan PDAM. 

Program pengadaan ratusan unit water meter ini, dilaksanakan oleh Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko. 

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST,. MT mengungkapkan bahwa Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko sangat intens memantau layanan dasar bidang air bersih. 

Dalam hal ini, sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas PUPR Bidang Cipta Karya, bupati memerintahkan untuk senantiasa mendukung program PDAM dalam menata layanan air bersih. 

BACA JUGA:Optimalisasi Layanan, Pemkab Mukomuko Persiapan Buka Layanan Administrasi Kependudukan di Penarik

BACA JUGA:Prestasi, Mukomuko Juara 1 Lomba Desa Tingkat Provinsi Bengkulu 2024

 Dengan demikian, tahun ini melalui Bidang Cipta Karya juga mengalokasikan anggaran untuk pengadaan ratusan unit water meter. 

‘’Water meter ini akan dipasang untuk menggantikan water meter bagi rumah pelanggan PDAM yang sudah rusak atau lainnya,’’ kata Apriansyah. 

Proses pengadaan water meter sedang berlangsung, melalui e-katalog. Setelah pengadaan ini selesai, akan dilanjutkan dengan proses pemasangan oleh Dinas PUPR secara bersama dengan PDAM. 

‘’Pengadaan unit water meter secara e-katalog. Paket sudah berjalan. Setelah barang ada, dilanjutkan dengan tahapan pemasangan oleh dinas dan PDAM. Karena yang lebih paham dengan titik pemasangan water meter ini adalah pihak PDAM,’’ kata Apriansyah. 

Senada disampaikan Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Mukomuko, Budiarto, ST. Ia menambahkan, water meter atau meteran air pengadaan sudah dilakukan pemesanan melalui penyedia sistem e-katalog. 

‘’Anggaran pengadaan water meter ini sebesar Rp80 juta yang bersumber dari DAU 2024. Belanja pengadaan melalui sistem e-katalog, dengan jumlah 209 unit water meter,’’ ujar Budiarto. 

BACA JUGA:Mukomuko Dapat Kucuran Dana Kelurahan, Bupati Sampaikan Pesan Presiden, Ini Pesannya!

BACA JUGA:Capai Target Nasional, Cakupan UHC di Kabupaten Mukomuko di Angka 98,93 Persen

Setelah proses pengadaan barang selesai, water meter yang tersedia juga akan dibantu proses pemasangan. Pemasangan ini melibatkan PDAM bekerjasama dengan Dinas PUPR. 

Kategori :