Tidak Banyak yang Tahu! Inilah Berbagai Manfaat Daun Sembung Bagi Kesehatan Tubuh

Minggu 21-07-2024,09:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Di tengah kekayaan alam Indonesia, tersembunyi sebuah tanaman yang mungkin belum banyak dikenal namun menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. 

Tanaman ini adalah sembung, atau yang dikenal dengan nama ilmiah Blumea balsamifera. 

Meskipun mungkin tidak sepopuler tanaman obat lainnya, daun sembung telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Daun sembung memiliki karakteristik yang khas dengan bentuknya yang lonjong dan permukaan yang berbulu halus. 

BACA JUGA:Si Merah yang Menggoda! Inilah Berbagai Manfaat Buah Jamaika Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Punya Aura yang Bagus! Inilah Tanda-tanda Orang Hidup Bahagia

Aromanya yang kuat dan sedikit pahit menjadi ciri khas tanaman ini. Namun, di balik penampilannya yang sederhana, daun sembung menyimpan berbagai senyawa aktif yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini berbagai manfaat daun sembung bagi kesehatan tubuh.

Membantu Proses Penyembuhan Luka

Salah satu khasiat daun sembung yang paling dikenal adalah kemampuannya dalam membantu proses penyembuhan luka. 

Senyawa aktif dalam daun sembung memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat membantu mempercepat pemulihan luka dan mencegah infeksi.

Mencegah dan Mengatasi Infeksi

Daun sembung juga dikenal memiliki sifat antijamur yang kuat. Sifat ini membuatnya efektif dalam mengatasi berbagai infeksi jamur pada kulit, seperti panu, kurap, atau kandidiasis.

Kandungan senyawa seperti flavonoid dan minyak atsiri dalam daun sembung berperan penting dalam melawan pertumbuhan jamur. 

Penggunaan daun sembung untuk mengatasi infeksi jamur bisa dilakukan dengan cara mengoleskan pasta daun sembung yang sudah dihaluskan pada area yang terinfeksi, atau dengan membasuh area tersebut dengan air rebusan daun sembung.

Kategori :