Mengenal Istilah Digital Decluttering, Diklaim Bisa Buat Hidup Tenang, Yuk Terapkan

Sabtu 20-07-2024,13:00 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Dalam era digital yang serba cepat ini, kita sering kali merasa terbebani oleh banyaknya informasi dan notifikasi yang membanjiri hidup kita setiap hari. Istilah digital decluttering muncul sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini. 

Digital decluttering adalah proses membersihkan dan merapikan aset digital kita, seperti email, aplikasi, file, dan media sosial, untuk menciptakan ruang yang lebih tertata dan tenang. Praktik ini diklaim dapat membuat hidup kita lebih tenang dan teratur. 

Digital decluttering adalah tindakan mengatur ulang dan membersihkan ruang digital kita untuk mengurangi kekacauan dan stres. 

BACA JUGA:Berbagai Manfaat Daun Sage Bagi kesehatan, Salah Satunya untuk Kesehatan Gigi

BACA JUGA:Pantas Panjang Umur, Ternyata Ini Makanan yang Sering Dikonsumsi Orang Jepang

Sama seperti decluttering fisik di rumah, digital decluttering bertujuan untuk menghilangkan hal-hal yang tidak diperlukan dan menjaga yang benar-benar penting. 

Dengan begitu, kita bisa fokus pada apa yang benar-benar berarti dan meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan mental.

Manfaat Digital Decluttering

1. Meningkatkan Fokus dan Produktivitas

Dengan mengurangi jumlah notifikasi dan aplikasi yang tidak penting, kita bisa lebih fokus pada tugas-tugas yang penting. 

Ruang kerja digital yang bersih memudahkan kita untuk menemukan informasi yang diperlukan dan mengurangi waktu yang terbuang untuk mencari file atau dokumen yang hilang.

2. Mengurangi Stres

Kekacauan digital dapat menyebabkan stres dan kecemasan. Terlalu banyak notifikasi, email yang menumpuk, dan aplikasi yang tidak terpakai dapat membuat kita merasa kewalahan. 

BACA JUGA:5 Tanda Kamu dan Pasangan Kamu Punya Emotionally Available Agar Hubungan Lebih Sehat

BACA JUGA:Rekomendasi Drama Korea Komedi yang Lucu, Dijamin Ngakak Edisi Juli 2024

Kategori :