Rembuk Stunting 2024, TPPS Mukomuko Komitmen Turunkan Kasus Stunting

Rabu 10-07-2024,18:46 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi
Editor : Ibnu Rusdi

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Prevalensi stunting di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu dua tahun terakhir masih di posisi lebih tinggi dari yang ditargetkan secara nasional sebesar 14 persen di tahun 2024.   

Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada tahun 2022, dapat diketahui bahwa prevalensi stunting di kabupaten Mukomuko pada tahun tersebut di angka 22,1 persen. 

Di tahun 2023, angka prevalensi stunting di daerah ini diketahui kembali mengalami kenaikan. Ini dapat diketahui dari hasil survei kesehatan Indonesia yang mencatat angka prevalensi stunting di Mukomuko tahun 2023 masih naik menjadi 27,1 persen.

BACA JUGA:Ini Kronologis Bocah Hanyut di Muara Sungai Air Dikit Mukomuko, Wabup Wasri Turun Memantau Pencarian

BACA JUGA:Tiga Bocah Tenggelam di Sungai Air Dikit Mukomuko

Menyikapi hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, dalam hal ini Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Mukomuko kembali melaksanakan rembuk stunting. 

Rembuk stunting TPPS yang digelar di aula Bappelibang Mukomuko, Rabu, 10 Juli 2024, bertujuan untuk menyatukan komitmen bersama dalam program upaya percepatan penurunan dan pencegahan stunting di daerah.

Wakil Bupati Mukomuko, Wasri menyampaikan, pelaksanaan rembuk stunting bersama TPPS kali ini merupakan konvergensi ketiga dalam penyampaian program intervensi dalam pencegahan stunting di daerah. 

‘’Rembuk stunting kali ini tahapan aksi konvergensi dari delapan aksi rembuk stunting. Rembuk stunting ini aksi ketiga," kata Wakil Bupati Mukomuko, Wasri. 

Wakil Bupati Wasri menyampaikan hal itu seusai menggelar rapat koordinasi rembuk stunting bersama TPPS tingkat Kabupaten Mukomuko tahun 2024. Dimana, rembuk stunting tahun ini dengan mengangkat tema "Dengan Semangat Rembuk Mari Kita Tingkatkan Konvergensi Untuk Percepatan Penurunan Stunting 2024". 

Kegiatan rakor rembuk stunting ini diikuti oleh sejumlah pejabat organisasi perangkat daerah (OPD), camat, kepala desa, puskesmas, dan masyarakat di daerah ini. 

BACA JUGA:Pertarungan Pilbup 2020 Bakal Terulang di Mukomuko, Sapuan - Wasri Vs Choirul Huda - Rahmadi

BACA JUGA:Pengurus Baru Korpri Mukomuko Gelar Raker Penguatan Fungsi Organisasi, Apa Itu Fungsi Korpri?

Wabup mengatakan, tujuan rembuk stunting untuk melaksanakan dan menyampaikan komitmen bersama seluruh OPD, camat, kades, stakeholder, dan keterlibatan kelompok pentahelix dalam percepatan penurunan stunting. 

Wakil Bupati Wasri juga menyampaikan, posisi prevalensi stunting di Kabupaten Mukomuko masih cukup tinggi di angka 27,1 persen. Sementara, di tahun 2024 ini target secara nasional di angka 14 persen. 

Kategori :