Orang-Orang Ini Punya Risiko Kanker Kulit Lebih Besar, Salah Satunya Pemilik Kulit Putih, Benarkah?

Minggu 24-12-2023,20:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Fitriani

RADARMUKOMUKO.COM – Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi akibat adanya mutasi DNA pada sel kulit.

Mutasi ini menyebabkan pertumbuhan sel-sel pada kulit yang tidak normal. Terdapat beberapa penyebab terjadinya sel kanker salah satunya paparan radiasi dalam jangka panjang, melemahnya sistem tubuh, dan masih banyak lagi.

Selain terjadi karena beberapa faktor, terdapat beberapa orang yang memiliki risiko mengalami kanker kulit lebih tinggi.

BACA JUGA:Perlu Diketahui, Ini Dia Jenis-jenis Kanker Kulit

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini orang-orang yang memiliki risiko kanker kulit lebih tinggi.

Orang dengan Kulit Putih

Orang-orang yang memiliki jenis kulit putih sering kali mengalami kanker kulit lebih besar hal ini karena orang dengan kulit putih memiliki sedikit melanin atau pigmen kulit yang menjadi perlindungan dari paparan radiasi.

Paparan Sinar UV dalam Jangka Panjang

Seseorang yang mengalami paparan sinar UV atau matahari dalam jangka panjang juga memiliki resiko terjadinya kanker kulit lebih besar.

BACA JUGA:Ini Cara Pengobatan Kanker Kulit, Mulai dari Krim Hingga Terapi

Orang di Dataran Tinggi

Orang-orang yang tinggal di dataran tinggi juga memiliki risiko kanker kulit lebih tinggi. Hal ini terjadi karena paparan sinar UV secara langsung mengenai kulit yang dapat menyebabkan kanker.

Memiliki Nevi Displastik

Seseorang dengan pemilik neci displastik juga memiliki risiko kanker kulit lebih tinggi. nevi displastik merupakan tahi lalat dengan pertumbuhan yang tidak normal.

Memiliki Lesi Kulit

Orang dengan risiko tinggi akan kanker kulit selanjutnya adalah seseorang yang memiliki lesi kulit. Lesi kulit adalah perubahan warna kulit menjadi merah jambu atau coklat.

Kategori :