Objek Wisata Lembah Harau Sumatera Barat, Ternyata Dulunya Merupakan Lautan

Selasa 17-10-2023,20:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi RM
Editor : Amris

RADARMUKOMUKO.COM - Lokasi objek wisata lembah harau yang berada di Kabupaten 50 Kota dengan Ibukota Payakumbuh, Sumatera Barat, merupakan salah satu objek wisata terbaik di Sumbar bahkan di Indonesia.

Banyak fakta menarik yang memanjakan pengunjung kawasan ini, dimana lembah dikenal memiliki banyak Air Terjun, bahkan ada yang memiliki ketinggian mencapai 150 meter. Soal pemandangan alam Lembah Harau sudah tidak di ragukan lagi, ada 7 air terjun yang memukau. 

Kondisi iklim yang alami dengan di kelilingi tebing-tebing batu yang terjal memberikan kesan alam yang berbeda dan menakjubkan.

Informasinya, sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Sumatera Barat, kawasan objek wisata Lembah Harau merupakan salah satu kawasan unggulan wisata yang akan dikembangkan pada Program pengembangan kepariwisataan Provinsi Sumatera Barat. 

BACA JUGA:Intip 5 Destinasi Wisata Paling Populer di Bogor Saat Ini, Wajib Dikunjungi

BACA JUGA:Jadi Tujuan Wisata, Intip Keseruan dan Kesegaran Wisata Air Sanih di Buleleng Bali

Objek Wisata Lembah Harau sebagaimana yang tertuang pada Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota telah dinyatakan sebagai salah satu dari tiga objek wisata unggulan di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kawasan wisata lembah harau juga disebutkan dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah Provinsi Sumater Barat tahu 2014 - 2025. 

Visi pembangunan pariwisata Sumatera Barat adalah "Terwujudnya Sumatera Barat sebagai destinasi pariwisata di wilayah Indonesia bagian barat dengan daya saing global dan berwawasan lingkungan dengan ciri kelokalan adat, agama, alam, dan budaya".

Penetapan kawasan Lembah Harau sebagai kawasan prioritas didasarkan kepada keputusan bersama 10 bupati dan walikota pada tanggal 18 Mei 2016.

Untuk diketahui, Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. 

Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 meter hingga 300 meter. 

Fakta menariknya, dilansir dari wikipedia, sebuah monumen peninggalan Belanda yang terletak di kaki air terjun Sarasah Bunta merupakan bukti bahwa Lembah Harau sudah sering dikunjungi orang sejak 1926. 

Kawasan Objek wisata Lembah Harau ini terdiri dari 3 (tiga) kawasan: Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang. 

Pada resort Aka Barayun yang memiliki keindahan air terjun yang mempunyai kolam renang, yang memberikan nuansa alam yang asli juga berpotensi untuk pengembangan olahraga panjat tebing karena memiliki bukit batu yang terjal dan juga mempunyai lokasi yang bisa memantulkan suara (echo). 

Kategori :