Plt. Wako Bengkulu Dedy, Beberkan Program ”Merakyat” Helmi Hasan

Rabu 07-10-2020,19:37 WIB
Reporter : Radar Mukomuko
Editor : Radar Mukomuko

Kunjungan Silaturahmi dengan Insan Pers Mukomuko MUKOMUKO RM - Plt. Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi , SE, MM mengadakan kunjungan silaturahmi dengan insan pers Mukomuko di Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mukomuko, Jalan Soekarno Hatta, Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko, Rabu (7/10/2020).

Dalam kunjungan ini, Dedy mengungkapkan, pers berperan penting dalam menentukan arah kebijakan dan pembangunan. Untuk itu, jadilah insan pers yang mampu memberi warna melalui karya jurnalistik yang disajikan untuk kemajuan daerah.

Pers dituntut profesional dalam melaksanakan tugas kerja. Kata Dedy, berita yang disajikan harus berimbang dan perlu memperhatikan warna tulisan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

''Selain profesional dalam bekerja, jadilah pribadi yang menyenangkan,'' ungkap Dedy.

Paparkan Program ''Merakyat'' Pemkot Bengkulu Pada kesempatan ini, Dedy juga memaparkan beberapa program merakyat yang digagas secara bersama dengan Walikota Helmi Hasan. Diantaranya, program santunan anak yatim dan 1001 janda. Dijelaskannya, sementara ini sekitar 1500 anak yatim di Kota Bengkulu telah memiliki orang tua asuh dan mereka diberi santunan.

''Untuk program santunan janda. Sementara ini, 10 orang janda digratiskan belanja senilai Rp 500 ribu perminggu, bagi janda yang kategori miskin, mereka juga diberikan uang santunan Rp 500 ribu per bulan. Adapun sumber dana ini, diperoleh dari dana zakat yang terkumpul dari Baznas (Badan Amil Zakat Nasional, red) Kota Bengkulu,'' ujarnya.

Bidang harmonisasi sosial. Pemkot Bengkulu di bawah kepemimpinan Walikota Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi juga menyentuh masyarakat dengan program takziah keliling.

''Melalui program ini, Pemkot juga menyerahkan santunan sosial. Kemudian, menerbitkan akta kematian sekaligus mengurus KK dan KTP baru untuk keterangan status kependudukan keluarga yang tertimpa musibah. Bentuk pelayanan, kami yang mengantar langsung ke rumah warga,'' imbuhnya.

Kemudian, Program Peduli Sekolah (PPS). Anak-anak menjadi orang tua asuh bagi temannya. Dengan cara menyisihkan sisa uang jajan untuk membantu temannya yang kurang mampu.

Selain itu, program 1 kelurahan 1 ambulance. Kata Dedy, Kota Bengkulu terdiri dari 67 kelurahan dan 11 kecamatan. Sementara ini, capaian program baru tersedia 50 unit ambulance. Sesuai rencananya, bakal ada penambahan sekitar 15 unit lagi.

''Pengadaan mobil ambulance secara bertahap, menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran. Sebagai terobosan baru, kami juga akan melaunching program pelayanan pengurusan KK pengantin baru,'' demikian Dedy. (nek)

Tags :
Kategori :

Terkait