Niat Ingin Meneliti Ponpes Al Zaytun Malah Dicopot, KH Ate Mushodiq Tantang Debat MUI Provinsi

Niat Ingin Meneliti Ponpes Al Zaytun Malah Dicopot, KH Ate Mushodiq Tantang Debat MUI Provinsi

Niat Ingin Meneliti Ponpes Al Zaytun Malah Dicopot, KH Ate Mushodiq Tantang Debat MUI Provinsi --

RADARMUKOMUKO.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tasikmalaya, KH Ate Mushodiq, resmi dicopot dari jabatannya oleh MUI Provinsi Jawa Barat. 

Hal ini terkait dengan kontroversi yang muncul setelah ia menghadiri acara di Pondok Pesantren Al Zaytun, yang dituduh menyimpang dari ajaran Islam.

BACA JUGA:Ketua MUI Tasikmalaya Diberhentikan, Ini Alasan Serta Reaksi MUI Jawa Barat dan Ponpes Al-Zaytun

KH Ate Mushodiq mengaku bahwa ia datang ke Al Zaytun sebagai bagian dari tim peneliti yang ingin mengetahui kebenaran tentang pesantren tersebut. 

Ia mengatakan bahwa ia tidak bermaksud untuk mendukung atau menentang Al Zaytun, tetapi hanya ingin melakukan tabayun atau klarifikasi. 

Ia juga mengaku bahwa ia tidak menyadari bahwa pernyataannya di acara tersebut akan viral dan menimbulkan reaksi negatif dari para ulama dan organisasi Islam di Tasikmalaya.

BACA JUGA:Wapres RI Ma'ruf Amin Perintahkan Mahfud MD dan Menag Investigasi Ponpes Al Zaytun

Namun, alasan KH Ate Mushodiq tidak diterima oleh MUI Provinsi Jawa Barat. 

Mereka menilai bahwa kehadiran dan pernyataannya di Al Zaytun merupakan pengkhianatan terhadap aqidah dan khittah Nahdlatul Ulama (NU), serta melanggar fatwa MUI pusat yang menyatakan bahwa Al Zaytun menyimpang dari ajaran Islam. 

Mereka juga merekomendasikan agar KH Ate Mushodiq diberhentikan dari jabatannya sebagai ketua MUI dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA:Panji Gumilang Bantah Punya Hotel Mewah di Ponpesnya, Tapi Foto-foto Ini Bikin Netizen Gagal Paham

Keputusan MUI Provinsi Jawa Barat tersebut disampaikan oleh Ketua Umum MUI Provinsi Jawa Barat, KH Rachmat Syafei, dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis, 10 Agustus 2023. 

mengatakan bahwa pemberhentian KH Ate Mushodiq sudah sesuai dengan mekanisme organisasi dan berdasarkan hasil rapat pleno yang dihadiri oleh 13 pengurus wilayah MUI se-Jawa Barat.

BACA JUGA:Selama Ini Belum Diketahui! Ternyata Ponpes Al-Zaytun Punya Wisma Sekelas Bintang Tiga, Ini Kata PHRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: