BKSDA Bengkulu ke V Koto, Pasang Perangkap Harimau

BKSDA Bengkulu ke V Koto, Pasang Perangkap Harimau

Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu terjunkan personel ke wilayah Kecataman V Koto, Kabupaten Mukomuko, Kamis, 16 Maret 2023. -Istimewa-radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM - Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu terjunkan personel ke wilayah Kecataman V Koto, Kabupaten MUKOMUKO, Kamis, 16 Maret 2023. 

BACA JUGA:Contoh Soal SNBT 2023 untuk UTBK, Lengkap dengan Jawabannya

Target, pengamanan harimau Sumatera yang baru-baru ini dikabarkan kerap muncul di kawasan Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan kelapa sawit PT. Agro Sungai Kiang Estate. 

Kepala BKSDA Provinsi Bengkulu Hifzon Zawahiri, melalui Kepala Resor Mukomuko, Rasidin mengungkapkan, pihaknya menerjunkan tim ke V Koto dalam rangka menindaklanjuti informasi kemunculan harimau di kawasan perkebunan milik PT. Agro. 

BACA JUGA:Kapolres Mukomuko Harapkan Kerjasama Masyarakat Jaga Kondusifitas Lingkungan Selama Ramadhan

Dikatakan Rasidin, kemunculan harimau di kawasan perkebunan ini membuat warga resah dan minta diamankan dari lokasi tersebut. 

"Tim kita sudah cek ke lokasi, betul adanya bekas jejak yang diduga harimau. Hari ini, kami ke lokasi dengan membawa perangkap dan berupaya mengamankannya," 

BKSDA belum mengetahui jumlah harimau Sumatera yang masuk ke kawasan perkebunan tersebut. Dilihat dari bekas jejak, harimau yang masuk ke kawasan perkebunan itu dikategorikan  harimau dewasa. 

BACA JUGA:Tingkatkan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, BKAD Penarik Gelar Pelatihan

"Dilihat dari belas jejak,  kemungkinan hanya satu ekor. Namun masuk kategori harimau dewasa, dengan perkiraan jejak 14 centi meter," ujarnya. 

Upaya pengamanan harimau dan pemasanga  perangkap juga melibatkan pihak kepolisian dalam hal ini Polsek V Koto. Kemudian juga personel dari KPHP Mukomuko turun ke lokasi. 

"Tim penhamanan juga melibatkan kepokisian dan KPHP," demikian Rasidin. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: