Pengen Bangun Usaha di Tahun Depan? Begini Tips Merancang Rencana Pemasaran di Tahun yang Akan Datang

Pengen Bangun Usaha di Tahun Depan? Begini Tips Merancang Rencana Pemasaran di Tahun yang Akan Datang

Pengen Bangun Usaha di Tahun Depan? Begini Tips Merancang Rencana Pemasaran di Tahun yang Akan Datang--

RMONLINE.ID - Dalam era digital yang terus berkembang, memiliki strategi pemasaran yang tepat menjadi kunci keberhasilan sebuah bisnis. 

Berikut adalah panduan mendalam tentang lima kiat penting untuk mengembangkan rencana pemasaran yang menghasilkan dampak nyata bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Tetapkan Tujuan Bisnis

Pertama, penetapan tujuan bisnis yang jelas merupakan fondasi dari strategi pemasaran yang efektif. Tujuan ini harus SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound). 

BACA JUGA:Amankah Air Rebusan Mie Instan Dikonsumsi?

BACA JUGA:Penyebab Kepribadian Seseorang Bertambah Pada Penderita DID (Dissociative Identity Disorder)

Misalnya, alih-alih sekadar menargetkan "peningkatan penjualan", tetapkan target spesifik seperti "meningkatkan penjualan online sebesar 25% dalam enam bulan". Tujuan yang jelas membantu tim fokus pada aktivitas yang benar-benar mendorong pertumbuhan bisnis.

Evaluasi Perubahan Platform

Kedua, evaluasi dan pertimbangan perubahan platform pemasaran sangat penting di tengah lanskap digital yang dinamis. Analisis secara berkala platform mana yang memberikan hasil terbaik bagi bisnis Anda. 

Jangan ragu untuk meninggalkan platform yang tidak efektif dan mengalihkan sumber daya ke channel yang lebih menjanjikan. Perhatikan juga tren baru dan perilaku target market Anda dalam memilih platform.

BACA JUGA:Kuliner Tradisional Khas Riau yang Bikin Menggugah Selera, Begini Resep Lopek Bugi dan Cara Membuatnya

BACA JUGA:Simak Tips dan Trik Merawat Luka Bakar Agar Cepat Pulih dan Tidak Berbekas

Pikir Ulang tentang Pengaruh Merk

Ketiga, pemikiran ulang tentang pengaruh merek menjadi semakin relevan. Pengaruh tidak lagi hanya tentang jumlah follower atau likes, tetapi lebih kepada engagement yang berkualitas dan kemampuan menggerakkan audiens untuk bertindak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: