Dibungkus Plastik atau Daun Pisang, Tempe Mana yang Lebih Sehat?

Dibungkus Plastik atau Daun Pisang, Tempe Mana yang Lebih Sehat?

Dibungkus Plastik atau Daun Pisang, Tempe Mana yang Lebih Sehat?--Sumber Foto : Sajian Sedap

RMONLINE.ID - Tempe, sebagai salah satu makanan tradisional yang kaya nutrisi, sering dijual dalam dua jenis kemasan: dibungkus daun pisang atau plastik. Namun, dari sudut pandang kesehatan dan lingkungan, mana yang lebih baik?

Tempe yang dibungkus daun pisang dianggap lebih sehat karena sifat alami dan ramah lingkungan daun pisang. Daun pisang memiliki senyawa antibakteri alami yang membantu menjaga kualitas tempe selama penyimpanan. 

Selain itu, pembungkus daun memungkinkan proses fermentasi yang lebih baik karena mikroba alami pada daun pisang dapat berinteraksi dengan tempe, meningkatkan kualitas nutrisinya. 

BACA JUGA:Takut Naik Pesawat? Ikuti Tips dari Pilot Berikut Buat Kamu Phobia Ketinggian

BACA JUGA:Bukan Satelit, Ini Benda Buatan Manusia yang Letaknya Terjauh dari Bumi

Tempe jenis ini juga minim risiko terkontaminasi bahan kimia, karena daun pisang tidak mengandung zat sintetis seperti plastik.

Sementara itu, tempe yang dibungkus plastik lebih praktis dan tahan lama. Plastik membantu melindungi tempe dari kelembapan berlebih yang bisa merusak tekstur.

Tetapi sayangnya, plastik tidak ramah lingkungan dan berisiko melepaskan zat kimia berbahaya ke dalam makanan, terutama jika terpapar panas atau sinar matahari. 

BACA JUGA:Bill Gates Ungkap di Usia Segini Anak Sudah Boleh Memiliki HP Sendiri

BACA JUGA:6 Film Adaptasi Netflix Terburuk Sepanjang Masa!

Meski tidak signifikan, ada kekhawatiran bahwa bahan kimia dari plastik bisa masuk ke dalam makanan, meski ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Dari sisi lingkungan, daun pisang lebih unggul karena biodegradable dan tidak menimbulkan polusi seperti plastik. Bagi mereka yang peduli dengan kesehatan dan lingkungan, memilih tempe bungkus daun bisa menjadi pilihan yang lebih baik. 

Meski begitu, tempe dalam plastik masih merupakan pilihan yang baik dalam hal praktis dan durasi penyimpanan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: