Gus Baha Jelaskan Hukum Lupa Rakaat Sholat: Sujud Sahwi atau Ulang Sholat? Ini Penjelasan Lengkapnya

Gus Baha Jelaskan Hukum Lupa Rakaat Sholat: Sujud Sahwi atau Ulang Sholat? Ini Penjelasan Lengkapnya

Gus Baha Jelaskan Hukum Lupa Rakaat Sholat: Sujud Sahwi atau Ulang Sholat? Ini Penjelasan Lengkapnya--Sumber Foto : NU Online

RMONLINE.ID – Pernahkah Anda merasa ragu atau bahkan lupa sudah berapa rakaat sholat yang dikerjakan? Keraguan ini seringkali muncul setelah salam, membuat hati gelisah dan mempertanyakan keabsahan sholat.  Fenomena lupa rakaat sholat ini ternyata cukup umum terjadi di kalangan umat muslim.  KH. Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha,  ulama kharismatik asal Rembang, Jawa Tengah, memberikan penjelasan  menenangkan terkait hal ini. 

Gus Baha menjelaskan bahwa lupa jumlah rakaat dalam sholat adalah hal yang manusiawi.  Beliau mengutip sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim,  di mana Rasulullah SAW pernah lupa jumlah rakaat saat sholat.  Para sahabat pun mengingatkan beliau,  dan Rasulullah SAW kemudian melakukan sujud sahwi setelah salam. 

“Lupa itu manusiawi,  termasuk lupa jumlah rakaat saat sholat.  Nabi Muhammad SAW saja pernah mengalaminya,”  tutur Gus Baha dalam salah satu ceramahnya.  Beliau menambahkan,  “Yang terpenting adalah kita segera menyempurnakan sholat  ketika menyadari kekurangan tersebut.”

BACA JUGA:Perlu Diingat, 7 Perilaku Ibu Yang Sering Ditiru Langsung Oleh Anaknya, No 3 Menahan Yang Ini

BACA JUGA:3 Zodiak yang Sangat Cekatan dan Tak Suka Menunda-Nunda

Bagaimana cara menyempurnakan sholat jika teringat kurang rakaat setelah salam?  Gus Baha menjelaskan bahwa jika kita menyadari kekurangan rakaat  dalam waktu yang relatif singkat setelah salam,  maka kita cukup menambahkan rakaat yang kurang tersebut.  

“Misalnya,  kita sholat Ashar dan baru ingat kurang satu rakaat setelah salam,  maka kita langsung berdiri dan menambah satu rakaat lagi,  kemudian diakhiri dengan salam,” jelas Gus Baha.  “Namun,  jika jeda waktu antara salam dan menyadari kekurangan rakaat  sudah cukup lama,  maka sebaiknya kita mengulang sholat dari awal.”

Gus Baha juga menekankan pentingnya  menjaga kekhusyukan dalam sholat agar terhindar dari lupa.  Menurutnya,  ketika kita khusyuk,  pikiran dan hati akan fokus pada ibadah  sehingga kecil kemungkinan terjadi kesalahan,  termasuk lupa jumlah rakaat. 

“Kekhusyukan adalah kunci utama dalam sholat.  Dengan khusyuk,  kita akan lebih mudah mengingat  dan merasakan setiap bacaan dan gerakan dalam sholat,”  tegas Gus Baha.

BACA JUGA:Cara Mudah Menghilangkan Bekas Mentega pada Alat Masak, Cukup Pakai Trik Ini

BACA JUGA:3 Alasan Kenapa ENFP Menjadi Teman Terbaik yang Bisa Diandalkan

Lantas,  bagaimana jika kita ragu-ragu  dan tidak yakin apakah sholat sudah sempurna atau belum?  Gus Baha menyarankan untuk  memilih jumlah rakaat yang paling diyakini  dan melakukan sujud sahwi setelah salam.

“Jika ragu,  pilihlah jumlah rakaat yang paling yakin  dan lakukan sujud sahwi setelah salam.  Sujud sahwi  adalah cara untuk  menyempurnakan sholat  jika terjadi kekurangan atau kelebihan  dalam pelaksanaannya,”  pungkas Gus Baha.

Penjelasan Gus Baha ini  memberikan ketenangan dan solusi bagi umat muslim  yang seringkali khawatir  ketika lupa jumlah rakaat sholat.  Intinya,  jangan sampai keraguan  menghalangi kita untuk  tetap beribadah dengan khusyuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: