Trending Topik Obrolan Mak-mak: Selama Mukomuko Dipimpin Sapuan – Wasri Harga Sawit Stabil

Trending Topik Obrolan Mak-mak: Selama Mukomuko Dipimpin Sapuan – Wasri Harga Sawit Stabil

Trending Topik Obrolan Mak-mak: Selama Mukomuko Dipimpin Sapuan – Wasri Harga Sawit Stabil --Sumber Foto : Ibnu Rusdi/RMOnline.id

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Kenaikan harga tandan buah segar kelapa sawit di akhir September ini menjadi trending topik obrolan mak-mak di Mukomuko.  

Mereka sepakat, selama Kabupaten Mukomuko dipimpin Sapuan – Wasri harga sawit stabil, dengan harga rata-rata di atas Rp2 ribu per kilogram. 

‘’Kami tak paham program itu ini, yang penting sawit mahal. Selama dipimpin Sapuan – Wasri, harga sawit stabil,’’ menyimak obrolan sekelompok mak-mak, sembari sarapan pagi di sebuah warung lotek di Kota Mukomuko, Jumat, 27 September 2024.

BACA JUGA:Sisa Utang Rp7 Miliar, Direktur RSUD Mukomuko: Kami Tukang Tambal Utang Periode Lalu

BACA JUGA:Masyarakat Mukomuko Jangan Kemana-mana, Ini Jadwal Paslon Bupati Datang Kampanye 

Fakta data, dari 10 pabrik CPO yang ada di Mukomuko saat ini, harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit kembali mengalami kenaikan.

Harga tertinggi per tanggal 27 September 2024 mencapai Rp 2.740 per kilogram.

Sedangkan untuk harga terendah saat ini diharga Rp 2.490 per kilogram di PT USM.

"Kita melakukan monitoring setiap harinya untuk harga TBS sawit di seluruh pabrik yang ada. Sesuai instruksi Bupati, kami harus memastikan seluruh pabrik menaati ketetapan harga dari Gubernur," ungkap Kepala Dinas Pertanian Mukomuko, Fitriani Ilyas.

Dilanjutkannya, pihaknya juga meminta petani sawit Mukomuko untuk menjaga kualitas buah sawitnya. Karena seluruh pabrik pasti akan melakukan sortiran terhadap kualitas buah.

BACA JUGA:Calon Bupati Mulai Kampanye Keliling, Petahana Sapuan Terbang ke Tanah Suci

BACA JUGA:Aksi Cepat Satuan Narkoba Polres Mukomuko Banjir Pujian Masyarakat

Namun pihak Dinas Pertanian juga mengingatkan pabrik-pabrik yang ada, jangan sampai membuat petani rugi dengan alasan sortiran buah TBS yang masuk ke pabrik tersebut.

"Selalu kami ingatkan pihak pabrik-pabrik yang ada, agar tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan petani. Jangan ada lagi pungli terhadap petani dengan modus sortiran ini," sambungnya.

Saat ini harga TBS sawit di Mukomuko relatif stabil. Bahkan di atas harga jual TBS periode bulan September 2024 ini yang sudah ditetapkan pemerintah provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: