Apakah Kamu Memiliki Kulit yang Kering? Awas Mengidap Eksim!

Apakah Kamu Memiliki Kulit yang Kering? Awas Mengidap Eksim!

Apakah Kamu Memiliki Kulit yang Kering? Awas Mengidap Eksim!--Sumber Foto : Pixabay

RMONLINE.ID - Kulit kering sering kali dianggap sebagai masalah sepele, tetapi kondisi ini bisa menjadi tanda awal eksim, atau dikenal juga sebagai dermatitis atopik. 

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan peradangan, gatal, dan kulit kering secara berulang. Jika tidak diatasi dengan baik, eksim dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung kulit, yang pada akhirnya mengarah ke infeksi dan luka terbuka. 

Eksim sering kali muncul pada orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit alergi seperti asma, alergi makanan, atau rhinitis alergi.

Eksim dimulai dengan kulit yang kehilangan kelembapan, yang disebabkan oleh kurangnya filaggrin, sebuah protein yang penting untuk menjaga lapisan pelindung kulit tetap utuh. 

BACA JUGA:5 Persyaratan Penting agar Hubunganmu Berjalan Seumur Hidup

BACA JUGA:4 Zodiak yang Suka Ngomong Blak-Blakan tanpa Memikirkan Orang Lain

Tanpa filaggrin yang cukup, kulit menjadi lebih mudah kering dan iritasi. Inilah yang menyebabkan kulit penderita eksim tampak kering dan terasa gatal. 

Selain itu, eksim dapat dipicu oleh faktor lingkungan seperti paparan suhu ekstrem, debu, bulu hewan, atau zat kimia yang keras seperti deterjen dan pewangi pada sabun.

Selain gatal yang intens, gejala lain dari eksim meliputi kulit kemerahan, ruam, dan terkadang lepuhan yang bisa mengeluarkan cairan. Pada kasus yang lebih parah, kulit bisa menjadi tebal dan mengeras karena seringnya digaruk. 

Gatal adalah salah satu gejala utama yang paling mengganggu, karena semakin sering digaruk, semakin besar risiko kerusakan kulit yang dapat menyebabkan infeksi.

Perawatan eksim berfokus pada pengendalian gejalanya dan menjaga kulit tetap lembap. Salah satu langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kelembapan kulit secara rutin. 

BACA JUGA:Ingin Tampak Lebih Muda? 5 Ciri Orang Beraura Positif yang Bisa Anda Tiru untuk Penampilan Awet Muda

BACA JUGA:Terungkap! 5 Kebiasaan Kunci Membangun Pertemanan yang Kuat, Menurut Psikologi

Menggunakan pelembap setelah mandi sangat penting, terutama pelembap yang mengandung ceramide, gliserin, atau bahan yang menenangkan seperti allantoin dan sodium hyaluronate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: