Resep dan Cara Membuat Kue Sabongi, Jajanan Tradisional yang Nikmat dan Lezat

Resep dan Cara Membuat Kue Sabongi, Jajanan Tradisional yang Nikmat dan Lezat

Resep dan Cara Membuat Kue Sabongi, Jajanan Tradisional yang Nikmat dan Lezat--Sumber Foto : Youtube/MasakTV

Mulailah dengan mencampur tepung beras, gula pasir, dan garam dalam mangkuk besar. Aduk rata menggunakan tangan atau pengaduk hingga semua bahan tercampur sempurna.

BACA JUGA:Antara Kardio dan Angkat Beban, Mana yang Harus Dilakukan Terlebih Dahulu Saat Berolahraga?

BACA JUGA:Cobain Kuliner Tradisional Khas Suku Sasak Satu Ini, Kue Cerorot Dijamin Bikin Ketagihan

2. Membuat Santan Pandan

Rebus santan bersama daun pandan yang sudah diikat simpul. Biarkan mendidih dengan api kecil sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan hingga hangat.

3. Mencampur Adonan

Tuangkan santan pandan hangat ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk. Pastikan tidak ada gumpalan yang terbentuk. Adonan yang dihasilkan seharusnya cair tapi tidak terlalu encer.

4. Menyaring Adonan

Saring adonan menggunakan saringan halus untuk memastikan tidak ada gumpalan tepung yang tersisa. Hal ini akan membuat tekstur kue menjadi lebih halus.

5. Memanaskan Minyak

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup banyak agar kue bisa terendam saat digoreng.

6. Mencetak dan Menggoreng

Gunakan cetakan kue Sabongi atau sendok untuk menuangkan adonan ke dalam minyak panas. Jika menggunakan sendok, celupkan sendok ke dalam minyak panas terlebih dahulu sebelum mengambil adonan. Ini akan membantu adonan terlepas dengan mudah dari sendok.

7. Proses Penggorengan

Goreng kue hingga berwarna keemasan dan renyah di bagian luar. Biasanya proses ini memakan waktu sekitar 3-5 menit. Balik kue sesekali agar matang merata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: