Realisasi Program Peremajaan Sawit BPDPKS di Mukomuko Seluas 2.391 Hektare, Usulan Baru 343 Hektare

Realisasi Program Peremajaan Sawit BPDPKS di Mukomuko Seluas 2.391 Hektare, Usulan Baru 343 Hektare

Realisasi Program Peremajaan Sawit BPDPKS di Mukomuko Seluas 2.391 Hektare, Usulan Baru 343 Hektare --Sumber Foto : Ibnu Rusdi/RMONLINE.ID

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko mencatat realisasi program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (PBDPKS) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu seluas 2.391 hektare. 

Terhadap program PSR dari BPDPKS ini, di tahun 2024 terdapat satu usulan baru dari Koperasi Produsen Sawit Mukomuko Maju Mandiri. 

Usaha koperasi yang beralamat di Kelurahan Pasar Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko mengusulkan program peremajaan sawit rakyat dengan luas 343,4570 hektare yang berlokasi di wilayah Kecamatan Teramang Jaya dan Kecamatan Pondok Suguh. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Mukomuko, Pitriani melalui Analis Pasar Harga Pertanian Bidang Perkebunan Muhamad Asri di ruang kerjanya, Rabu, 4 September 2024. 

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Mantapkan Pasar Lubuk Sanai jadi Pasar Harian

BACA JUGA:Rumpon Jangkar Solusi Tepat Tingkatkan Efisiensi Tangkapan Nelayan di Mukomuko

‘’Total capaian realisasi program PSR BPDPKS di Mukomuko seluas 2.391 hektare, dan tahun ini juga ada usulan baru dari usaha koperasi dengan luas lahan 343,4570 hektare,’’ kata Muhamad Asri. 

Muhammad Asri menjelaskan, realisasi PSR program BPDPKS di Kabupaten Mukomuko seluas 2.391 hektare, atas usulan peremajaan sawit rakyat mulai dari tahun 2018 hingga 2021 lalu. Data ini belum termasuk program yang bakal dilaksanakan di tahun 2024 ini.  

"Realisasi luas PSR tersebut belum termasuk PSR tahun 2024 karena saat ini masih proses pekerjaan dan belum diketahui berapa banyak petani yang mengundurkan diri," ungkapnya.  

Pun demikian, sejumlah kelompok tani calon penerima program peremajaan sawit tahun 2024 sudah mendapatkan rekomendasi teknis untuk melaksanakan program peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan seluas 852 hektare dari BPDPKS. 

BACA JUGA:8 Kecamatan Yang Diprediksi Basis Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko

BACA JUGA:6 Kecamatan Dengan Jumlah Pemilih Terbanyak Dalam Pemilihan Bupati Mukomuko

Selanjutnya, pihaknya masih menunggu laporan dari kelompok tani terkait dengan luas lahan yang terealisasi dalam program peremajaan sawit. 

"Kita belum tahu dari luas lahan yang telah mendapat rekomendasi teknis dari BPDPKS itu bisa dilaksanakan seluruhnya atau tidak, kita tunggu data pastinya dulu," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: