Wajib Tahu! Begini Cara Hidup Irit Bagi Para Perantauan

Wajib Tahu! Begini Cara Hidup Irit Bagi Para Perantauan

Wajib Tahu! Begini Cara Hidup Irit Bagi Para Perantauan --Sumber Foto : Pexels

RMONLINE.ID - Hidup sebagai anak kos di perantauan bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama dalam hal mengelola keuangan

Jauh dari orangtua dan harus mandiri, banyak mahasiswa yang kesulitan mengatur pengeluaran mereka. 

Namun, dengan strategi yang tepat, hidup hemat bukan hal yang mustahil. Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk menjalani gaya hidup hemat sebagai anak kos di perantauan.

Membuat Daftar Belanjaan 

Langkah pertama menuju hidup hemat adalah dengan membuat daftar belanja bulanan. Ini bukan sekadar daftar biasa, melainkan panduan penting yang akan membantu Anda menghindari pembelian impulsif. 

BACA JUGA:Tips dan Trik Mencegah dan Mengatasi Gangguan Eating Disorder

BACA JUGA:Ayok Kenali Gangguan Mental Depresi Mayor yang Sering Terjadi Tanpa Disadari

Mulailah dengan mencatat kebutuhan esensial seperti bahan makanan pokok, perlengkapan mandi, dan kebutuhan kuliah. Pastikan untuk memprioritaskan barang-barang yang benar-benar diperlukan.

Dengan memiliki daftar ini, Anda akan lebih fokus saat berbelanja dan tidak mudah tergoda oleh barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Selain itu, daftar belanja bulanan juga membantu Anda memperkirakan budget yang dibutuhkan setiap bulannya, sehingga pengeluaran menjadi lebih terkontrol.

Membuat Tabel Pengeluaran

Membuat tabel pengeluaran adalah langkah selanjutnya dalam mengatur keuangan. Catat setiap pengeluaran, sekecil apapun, ke dalam tabel ini. 

Kategorikan pengeluaran Anda, misalnya untuk makanan, transportasi, kebutuhan kuliah, dan hiburan. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan gambaran jelas tentang pola pengeluaran Anda.

Tabel pengeluaran ini akan menjadi cermin finansial Anda. Dari sini, Anda bisa mengidentifikasi area mana yang mungkin terlalu boros dan perlu dihemat. 

BACA JUGA:Si Unyil yang Menggoda, Begini Resep dan Cara Membuat Roti Unyil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: