Anggaran DAK 2024, Pemkab Mukomuko Bangun Jalan dan Saluran Irigasi

Anggaran DAK 2024, Pemkab Mukomuko Bangun Jalan dan Saluran Irigasi

Anggaran DAK 2024, Pemkab Mukomuko Bangun Jalan dan Saluran Irigasi--Foto : Facebook/Prokompim Mukomuko

RMONLINE.ID - Dibiayai Dana Alokasi Khusus (DAK) 2024, Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) melaksanakan pembangunan atau peningkatan ruas jalan dan irigasi.

DAK untuk infstruktur jalan diarahkan untuk peningkatan jalan SP8 - SP9 Kecamatan Lubuk Pinang dan peningkatan jalan Desa Wonosobo - Sumber Mulyo - Desa Lubuk Silandak Kecamatan Penarik.

Kepala Dinas PUPR Mukomuko, Apriansyah,ST,MT diminta keterangannya mengatakan untuk DAK semua sudah berjalan pekerjaan fisik oleh pihak rekanan yang berkontrak. Peningkatan jalan SP8 - SP9, dengan pagu hingga Rp 9 miliar, progres pekerjaannya sudah mencapai 80 persen.

Sementara untuk jalan Desa Wonosobo - Sumber Mulyo - Lubuk Silandak dengan pagu Rp 8,4 miliar juga tengah dikerjakan, progresnya sudah mencapai 35 persen.

BACA JUGA:Aparat Gabungan Hadang Sejumlah Massa Aksi Tolak Hasil Pilkada Serentak 2024 di Mukomuko

BACA JUGA:Apel OMP Nala 2024, 998 Aparat Siap Amankan Pilkada Serentak di Mukomuko

"Dua proyek jalan yang menggunakan DAK 2024 sedang dikerjakan pihak rekanan, anggarannya sekitar Rp 17,4 miliar. Progres pekerjaan tekah nampak," kata Apriansyah.

Terus juga tengah dikerjakan proyek DAK untuk irigrasi, untuk saluran Irigasi Sungai Gading nilainya Rp 1 miliar, progresnya sudah mencapai 65 persen. Juga untuk proyek saluran irigasi Desa Talang Buai Air Payang dua dengan pagu Rp 9,5 miliar progesnya sama mencapai 65 persen.

Ia yakin semua pekerjaan ini bisa selesai sesuai kontrak sehingga masyarakat dapat menggunakannya.

"Waktu masih cukup, mudahan semua bisa selesai lebih awal atau minimal sesuai kontrak, karena keinginan bupati infrastruktur ini bisa digunakan masyarakat secepatnya," papar Apriansyah.

BACA JUGA:Bendahara Turnamen Sepakbola Bandaratu CUP II Mukomuko Dilaporkan ke Polres

BACA JUGA:Aturan Baru MK Ubah Peta Politik, Calon Bupati Mukomuko Bisa Lebih Banyak

Masih dikatakannya, terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan instruksi bupati, ia berharap bisa diawasi dan didukung bersama-sama. Sebab keinginan bupati setiap pembangunan yang dilakukan benar-benar membantu kepentingan masyarakat hingga mampu meningkatkan aktivitas perekonomian.

Ia juga membeberkan tahun ini ada proyek jalan sedang berjalan menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit. Berupa peningkatan jalan TPA Tran Bandep dengan progres sudah mencapai 30 persen dengan pagu mencapai Rp 11 miliar. Kedua pembangunan jalan Air Hitam - Teluk Bakung Kecamatan Pondok Suguh, progresnya sudah mencapai 70 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: