Tak Banyak yang Tahu! Inilah Berbagai Manfaat Daun Pandan Duri Bagi Kesehatan

Tak Banyak yang Tahu! Inilah Berbagai Manfaat Daun Pandan Duri Bagi Kesehatan

Tak Banyak yang Tahu! Inilah Berbagai Manfaat Daun Pandan Duri Bagi Kesehatan-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Pandan duri, atau dikenal dengan nama ilmiah Pandanus tectorius, adalah tumbuhan yang telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional di berbagai belahan dunia, terutama di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik. 

Tumbuhan ini memiliki ciri khas berupa daun yang panjang, hijau, dan bergerigi tajam di sepanjang tepinya. 

Meskipun sering dianggap sebagai tanaman hias atau bahan pemberi aroma dalam masakan, pandan duri menyimpan potensi kesehatan yang luar biasa.

Salah satu pemanfaatan pandan duri yang menarik adalah penggunaannya sebagai minuman herbal dalam bentuk teh. Proses pembuatan teh pandan duri relatif sederhana. 

Daun-daun segar dibersihkan, dipotong kecil-kecil, kemudian dikeringkan sebelum diseduh dengan air panas. Hasil seduhan ini menghasilkan minuman yang memiliki aroma khas dan rasa yang sedikit manis alami.

BACA JUGA:Paripurna Istimewa HUT RI ke 79, Paripurna Terakhir Anggota Dewan Lama

BACA JUGA:Gebyar Kemerdekaan, Pemkab Mukomuko Sediakan Sembako Murah untuk Masyarakat, Ini Jadwalnya

Teh pandan duri tidak hanya menawarkan sensasi menyegarkan, tetapi juga dipercaya memiliki berbagai khasiat kesehatan. Salah satu manfaat yang paling dikenal adalah kemampuannya dalam mengatasi diare. 

Kandungan tanin dalam daun pandan duri dipercaya memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengurangi frekuensi buang air besar dan memperkuat dinding usus. Selain itu, sifat antiseptiknya juga dapat membantu melawan bakteri penyebab diare.

Tidak hanya daunnya, bagian akar gantung pandan duri juga menyimpan potensi kesehatan yang menarik. 

Cairan yang diekstrak dari akar gantung ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai keluhan pernapasan, terutama asma. 

BACA JUGA:Cerita Penculikan Soekarno Hatta dan Perumusan Tek Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus

BACA JUGA:Polisi Tetapkan 1 Tersangka di OTT Pengusaha Muda ‘Bos 212’ Mukomuko

Meskipun mekanisme kerjanya belum sepenuhnya dipahami secara ilmiah, beberapa praktisi tradisional meyakini bahwa cairan ini memiliki efek bronkodilator yang dapat membantu melebarkan saluran pernapasan, sehingga memudahkan penderita asma untuk bernapas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: