Sederet Kekurangan Furniture Dari Pohon Kelapa Diantaranya Air

Sederet Kekurangan Furniture Dari Pohon Kelapa Diantaranya Air

Sederet Kekurangan Furniture Dari Pohon Kelapa Diantaranya Air -Ilustrasi-Berbagai Sumber

Kayu kelapa memiliki kerentanan terhadap serangan hama dan jamur. Kandungan air yang tinggi pada kayu kelapa menjadikannya tempat ideal bagi hama dan jamur untuk berkembang biak. Hal ini tentu tidak diinginkan, karena dapat merusak struktur kayu dan membuat furniture menjadi tidak kokoh. 

BACA JUGA:Tidak Banyak yang Tahu! Ternyata Daun Nanas Punya Banyak Manfaat, Simak Penjelasannya di Sini

BACA JUGA:7 Kelebihan Furnitur Yang Terbuat dari Kayu Kelapa Unik, Serta Ramah Lingkungan dan Ramah Isi Kantong

Dibandingkan dengan kayu ulin atau bangkirai yang memiliki ketahanan alami terhadap hama dan jamur, kayu kelapa membutuhkan perawatan ekstra seperti pengawetan kayu secara berkala. Perawatan ini membutuhkan biaya dan waktu tambahan, dan tidak selalu efektif dalam jangka panjang.

* Proses Pengeringan Lama: Hambatan Menuju Furniture Impian

Kayu kelapa memiliki kadar air yang tinggi, sehingga membutuhkan waktu lama untuk dikeringkan sebelum diolah menjadi furniture. Proses pengeringan yang lama ini berisiko menyebabkan kayu melengkung, retak, dan bahkan berjamur. 

Dibandingkan dengan kayu jati atau mahoni yang memiliki kadar air yang lebih rendah, kayu kelapa membutuhkan waktu dan tempat yang lebih luas untuk proses pengeringan. Hal ini dapat menjadi kendala bagi pengrajin furniture dalam memenuhi permintaan pasar secara tepat waktu.

* Variasi Motif Terbatas: Membatasi Kreasi Desain Furniture

Motif kayu kelapa umumnya polos dan tidak memiliki banyak variasi. Hal ini membatasi pilihan desain furniture yang dapat dibuat dengan kayu kelapa. Bagi pecinta furniture dengan desain unik dan berkarakter, kayu kelapa mungkin bukan pilihan yang ideal. 

Dibandingkan dengan kayu jati atau mahoni yang memiliki variasi motif yang lebih kaya, kayu kelapa menawarkan pilihan desain yang lebih terbatas. Desainer furniture pun perlu lebih kreatif dalam mengeksplorasi potensi kayu kelapa agar dapat menghasilkan karya yang menarik dan sesuai dengan selera pasar.

* Harga yang Tergantung Kualitas: Pertimbangan Ekonomis yang Perlu Diperhatikan

Harga kayu kelapa untuk furniture bervariasi tergantung pada ukuran dan kualitasnya. Kayu kelapa dengan diameter besar dan kualitas tinggi umumnya lebih mahal. 

Dibandingkan dengan kayu karet atau sengon yang memiliki harga yang lebih terjangkau, kayu kelapa bisa menjadi pilihan yang kurang ekonomis bagi sebagian orang. Pertimbangan biaya produksi dan nilai estetika perlu ditimbang dengan cermat sebelum memutuskan untuk menggunakan kayu kelapa sebagai bahan dasar furniture.

Pemanfaatan batang pohon kelapa untuk furniture dapat berdampak pada kelestarian lingkungan jika tidak dilakukan dengan cara yang berkelanjutan. Penebangan pohon kelapa secara berlebihan tanpa diimbangi dengan penanaman kembali dapat menyebabkan kerusakan hutan dan hilangnya habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna. 

Dibandingkan dengan bambu atau rotan yang merupakan bahan furniture ramah lingkungan dan mudah diperbaharui, kayu kelapa membutuhkan waktu lama untuk tumbuh dan tidak dapat dipanen secara terus menerus tanpa merusak lingkungan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: