Baru tau, Minum Kopi Berlebihan Bisa Memperlambat Kinerja Otak, Mitos atau Fakta?

Baru tau, Minum Kopi Berlebihan Bisa Memperlambat Kinerja Otak, Mitos atau Fakta?

Baru tau, Minum Kopi Berlebihan Bisa Memperlambat Kinerja Otak, Mitos atau Fakta?-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID – Bagi banyak orang, kopi bagaikan penyelamat di pagi hari yang kelam atau saat membutuhkan dorongan ekstra untuk menyelesaikan tugas. 

Kandungan kafeinnya yang terkenal mampu meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Tapi, tahukah Anda bahwa konsumsi kopi berlebihan dapat berakibat sebaliknya? Benarkah secangkir kopi kesayanganmu memperlambat otakmu? Mari kita telusuri lebih dalam.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak minum kopi dapat memperlambat proses otak. Hal ini disebabkan oleh efek kafein pada adenosin, neurotransmitter yang membantu mengatur rasa kantuk dan kewaspadaan. 

BACA JUGA:Dali Ni Horbo Makanan Unik Khas Medan yang Patut di Cobain Pas Berkunjung ke Medan

BACA JUGA:Cobain Mie Gomak Khas Medan yang Bikin Nagih, Begini Resep dan Cara Membuatnya

Kafein bekerja dengan cara menghambat adenosin, sehingga otak menerima sinyal seolah-olah tubuh sedang tidak lelah.

Namun, konsumsi kafein berlebihan dapat mengubah keseimbangan adenosin di otak. Akibatnya, otak kehilangan kemampuannya untuk mengatur rasa kantuk secara alami. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan penurunan daya ingat.

Di sisi lain, kafein juga dapat meningkatkan kecemasan dan rasa gelisah. Hal ini dapat memperburuk insomnia, sehingga semakin memperlambat proses otak di siang hari. 

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa efek kafein pada setiap orang berbeda-beda. Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein dibandingkan yang lain. Faktor seperti genetik, berat badan, dan metabolisme dapat memengaruhi seberapa cepat tubuh memproses kafein.

Lantas, berapa batas aman konsumsi kopi?

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), batas aman konsumsi kafein untuk orang dewasa yang sehat adalah 400 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 4-5 cangkir kopi (235 ml per cangkir).

Bagaimana agar kita bisa menikmati kopi tanpa memperlambat otak?

* Batasi konsumsi kopi: Perhatikan batas aman konsumsi kopi dan dengarkan tubuh Anda. Jika merasa gelisah atau sulit tidur, kurangi konsumsi kopi.

* Pilih waktu yang tepat: Hindari minum kopi di sore atau malam hari, karena dapat mengganggu tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: