Resep dan Cara Membuat Olahan Timphan, Makanan Khas Aceh yang Nikmat

Resep dan Cara Membuat Olahan Timphan, Makanan Khas Aceh yang Nikmat

Resep dan Cara Membuat Olahan Timphan, Makanan Khas Aceh yang Nikmat -Ilustrasi-Berbagai Sumber

BACA JUGA:Jangan Memaksa! Inilah Tanda Bahwa Seseorang Tidak Ingin Berteman denganmu

BACA JUGA:Nikmati Kelezatan Kuah Beulangong, Makanan Aceh yang Bikin Ketagihan Begini Cara Membuatnya

Cara Pembuatan :

1. Sebelum memulai proses pembuatan, pastikan semua bahan sudah disiapkan. Cuci bersih daun pisang dan lap hingga kering. Potong daun pisang menjadi persegi panjang dengan ukuran sekitar 20x15 cm.

2. Campurkan kelapa parut, gula merah yang sudah disisir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata semua bahan hingga gula merah terserap oleh kelapa parut. Sisihkan campuran ini untuk digunakan sebagai isi timphan.

3.  Dalam sebuah wadah besar, campurkan tepung ketan, santan kental, dan garam.  Aduk rata hingga semua bahan tercampur dan membentuk adonan yang kalis. Bagi adonan menjadi beberapa bagian kecil, masing-masing sekitar 50 gram.

4. Ambil satu bagian adonan kulit, pipihkan menggunakan tangan atau alat penggilas hingga membentuk lingkaran tipis. 

5. Letakkan sekitar 1 sendok makan isi kelapa di tengah adonan yang sudah dipipihkan. Lipat adonan hingga menutupi isi, bentuk menjadi lonjong seperti pastel.

6.  Ambil selembar daun pisang yang sudah disiapkan. Letakkan timphan yang sudah dibentuk di atas daun pisang. Bungkus timphan dengan daun pisang, lipat kedua ujungnya ke dalam. Sematkan lidi atau tusuk gigi untuk mengunci bungkusan agar tidak terbuka saat dimasak.

7.  Siapkan panci kukusan, isi dengan air secukupnya dan panaskan hingga mendidih. Susun timphan yang sudah dibungkus dalam panci kukusan. Kukus timphan selama kurang lebih 30-45 menit atau hingga matang.

8. Setelah matang, angkat timphan dari panci kukusan dan biarkan hingga cukup dingin untuk dipegang.

9. Timphan siap di sajikan.

Selamat mencoba.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: