Penting Bagi Peternak Burung Puyuh Pemula, Cara Menetaskan Telur Puyuh dengan Tepat Melalui Mesin Penetas

Penting Bagi Peternak Burung Puyuh Pemula, Cara Menetaskan Telur Puyuh dengan Tepat Melalui Mesin Penetas

Burung puyuh telah menjadi salah satu unggas yang populer untuk diternakkan, baik untuk produksi telur maupun daging. -Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Burung puyuh telah menjadi salah satu unggas yang populer untuk diternakkan, baik untuk produksi telur maupun daging. 

Bagi para peternak pemula atau hobbyist, menetaskan telur puyuh sendiri bisa menjadi pengalaman yang menarik dan bermanfaat. 

Meskipun proses penetasan telur puyuh memiliki kemiripan dengan penetasan telur unggas lainnya, ada beberapa aspek khusus yang perlu diperhatikan untuk memastikan tingkat keberhasilan yang tinggi. 

Artikel ini akan membahas secara rinci langkah-langkah dan tips penting dalam menetaskan telur puyuh menggunakan mesin tetas.

BACA JUGA:Menatap Pencari Rumput Karang Pakan Lobster di Pesisir Barat Sumatera, Mereka Tahan Seharian Berendam di Laut

Persiapan Awal

Sebelum memulai proses penetasan, pastikan Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan diantaranya Mesin tetas yang berfungsi dengan baik, Termometer yang akurat, Hygrometer untuk mengukur kelembapan, Wadah air untuk menjaga kelembapan, dan Telur puyuh fertil dari indukan yang sehat.

Langkah-langkah Penetasan

1. Meletakkan Telur dalam Mesin Tetas

Langkah pertama adalah menempatkan telur puyuh ke dalam mesin tetas dengan hati-hati. Penting untuk menangani telur dengan lembut untuk menghindari kerusakan pada embrio di dalamnya. 

BACA JUGA:Kata Gus Baha Hidup Adalah Nikmat yang Dirindukan Orang Mati? Baca 3 Alasan Ini

2. Rotasi Telur

Salah satu aspek kritis dalam penetasan telur puyuh adalah rotasi yang teratur. Putar telur sebesar 90° setiap 4-6 jam sekali. Rotasi ini penting untuk mencegah embrio menempel pada salah satu sisi cangkang dan untuk memastikan perkembangan yang merata.

3. Pengaturan Suhu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: