Dorong Pembangunan UTD PMI di Mukomuko, Strategis Atasi Masalah Kebutuhan Transfusi Darah

Dorong Pembangunan UTD PMI di Mukomuko, Strategis Atasi Masalah Kebutuhan Transfusi Darah

Dorong Pembangunan UTD PMI di Mukomuko, Strategis Atasi Masalah Kebutuhan Transfusi Darah-Istimewa-rmonline.id

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Pejabat Dinas Kesehatan dan PMI Provinsi Bengkulu melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Mukomuko, Kamis, 27 Juni 2024. 

Kunjungan ini dalam rangka sinergi program kerja, sekaligus mendorong terlaksananya pembangunan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI di Mukomuko.

Dimana, pembangunan UTD PMI Mukomuko dinilai bagian dari kebijakan strategis. Membantu pemerintah dalam layanan kesehatan, terutama terkait ketersediaan darah yang menjadi persoalan berkepanjangan.

 Sekretaris PMI Provinsi Bengkulu Joni Saputra menyampaikan, pembangunan UTD PMI di Kabupaten Mukomuko bertujuan membantu pemerintah dalam layanan kesehatan, terkhusus terkait ketersediaan darah. 

BACA JUGA:Putra Mukomuko Dedy Wahyudi Resmi Terima Mandat PAN Untuk Maju Walikota Bengkulu

BACA JUGA:Pemerintah Bangun 6 Unit Sumur Bor di Mukomuko Sebagai Sumber Air Bersih Masyarakat, Ini Lokasinya

Pembangunan UTD PMI di Kabupaten Mukomuko cukup strategis. Dikatakan Joni, jika UTD PMI berdiri di Mukomuko, tidak hanya dapat membantu kebutuhan darah di lingkup Kabupaten Mukomuko. Menurutnya, akan tetapi jangkauan terdekat juga bisa membantu kebutuhan darah bagi masyarakat daerah tetangga.    

‘’Pembangunan UTD PMI di Mukomuko sangat strategis. Jauh dari ibu kota provinsi. Jangkauannya juga bisa membantu provinsi tetangga yang rawan bencana, dan kabupaten tetangga,’’ kata Joni.   

Joni menyampaikan, saat ini di Kabupaten Mukomuko belum ada Unit Transfusi Darah PMI. Dengan adanya UTD ini, PMI bisa membantu masyarakat sesuai dengan tugas PMI, dan membantu pemerintah masalah transfusi darah. 

‘’Kita pengen kloting set PMI Mukomuko berdiri. Artinya, kalau orang ingin donor darah bisa di PMI. Nanti PMI yang menyerahkannya ke rumah sakit,’’ ujarnya.  

Jika persoalan darah ini sudah benar-benar dikejar, masalah kebutuhan darah di Mukomuko diyakini akan teratasi. 

‘’Artinya di Mukomuko ini kebutuhan darah bukan seratus lagi, hukum alam itu, kalau darah itu ada, maka kebutuhan darah itu meningkat. Mangkanya, harapan kita di tahun depan sudah berdiri UTD PMI Mukomuko,’’ pintanya.    

Ia juga menyampaikan, di Provinsi Bengkulu baru terdapat beberapa UTD PMI. UTD PMI Provinsi, UTD PMI Kota, UTD PMI Bengkulu Utara dan rencana UTD PMI Mukomuko.

 ‘’Ini kunjungan ke 10, kita harapkan betul seluruh kabupaten yang sudah ada UDD, bisa berdiri UTD di tahun 2025 nanti,’’ pintanya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: