Jamaah Haji Meninggal di Tanah Suci Tidak Dibawa Pulang, Ini Alasannya

Jamaah Haji Meninggal di Tanah Suci Tidak Dibawa Pulang, Ini Alasannya

Jamaah Haji Meninggal di Tanah Suci Tidak Dibawa Pulang, Ini Alasannya-Ilustrasi-Berbagai Sumber

Jenazah jemaah haji akan diurus setelah pihak maktab mendapatkan Certificate of Death (COD) atau surat kematian dari tenaga medis Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, Meskipun jenazah jemaah haji tidak dibawa pulang ke kampung halaman, mereka yang meninggal dunia saat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci akan mendapatkan keutamaan dan kemuliaan.

Diterangkan dalam oleh Imam Ghazali dalam Kitab Asrar al-Hajj, orang yang meninggal saat menunaikan ibadah haji memiliki keutamaan yakni mati dalam keadaan syahid atau seperti orang yang wafat di jalan Allah SWT.

Dalam riwayat Al- Hasan yang dikutip Imam al-Ghazali, ia mengatakan, "Barang siapa wafat tepat sesudah Ramadan, perang atau haji, niscaya wafat sebagai syahid." Ibnu al-Jauzi turut meriwayatkan dari al-Hasan al-Bashri dengan redaksi serupa. Hanya saja dalam riwayatnya, Al-Hasan berkata, "Sesudah umrah, haji, atau perang."

Jemaah yang memilih untuk dimakamkan di Tanah Suci bakal dikebumikan di berbagai pemakaman, salah satunya adalah Jannat al-Baqi.

Jannat al Baqi merupakan pemakaman bagi kerabat dan sahabat Nabi, yang terletak di Madinah.

Seperti Utsman bin Madhoon, seorang sahabat nabi yang meninggal pada 3 Sya'ban tahun ke tiga Hijriah. Ia lantas dikebumikan di sebuah tempat mulia yang dikenal dengan Jannat al Baqi.

Selain Utsman bin Madhoon, Jannat al Baqi juga menjadi pemakaman untuk beberapa Imam hingga kebarat nabi lain. Seperti Imam Hasan dan Imam Ali.

Selain Al Baqi, terdapat pula pemakaman lain yang dialokasikan bagi jemaah yang meninggal dunia saat melaksanakan ibadah haji, tempat tersebut bernama Soraya.

Makam Soraya terletak di pinggiran kota Mekkah. Pemakaman ini memiliki lahan yang cukup luas untuk menampung jenazah jemaah haji.

Terdapat pula pemakaman Arafat yang masih belum diketahui banyak orang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: