Banyak yang Belum Tahu, Ini Sebenarnya Arti Nama Google

Banyak yang Belum Tahu, Ini Sebenarnya Arti Nama Google

Banyak yang Belum Tahu, Ini Sebenarnya Arti Nama Google-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Pernahkah kamu penasaran dengan arti nama "Google"? Raksasa teknologi yang satu ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita, tapi banyak yang belum tahu asal-usul nama unik ini.

Nama "Google" berasal dari kata "googol", istilah matematika yang merujuk pada angka 1 diikuti oleh 100 angka nol (10^100). Kata "googol" pertama kali diperkenalkan oleh Milton Sirotta, keponakan dari ahli matematika Amerika, 

Edward Kasner, pada tahun 1938. Kasner menggunakan istilah ini dalam bukunya "Mathematics and the Imagination" untuk menggambarkan angka yang sangat besar, lebih besar dari jumlah partikel di alam semesta yang dapat diamati.

BACA JUGA:Ini Jam Makan yang Tepat Agar Diet Kamu Berhasil Menurut Para Peneliti dan Ahli

BACA JUGA:Sangat Unik, Inilah 10 Ras Kucing Paling Langka di Dunia

Larry Page dan Sergey Brin, pendiri Google, memilih nama ini untuk mencerminkan misi mereka dalam mengorganisasi informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat bagi semua orang. 

Awalnya, mereka memberi nama mesin pencari mereka "BackRub" karena sistemnya memeriksa backlink untuk memperkirakan pentingnya suatu situs. Namun, mereka kemudian merasa perlu nama yang lebih menarik dan mudah diingat.

Saat mendiskusikan nama yang cocok, seorang teman dari Page dan Brin, Sean Anderson, mengusulkan "googolplex", yaitu angka 1 diikuti oleh googol angka nol. Larry Page kemudian menyederhanakan menjadi "googol". 

BACA JUGA:Rekomendasi Drama Jepang Terbaik dan Terbaru di Netflix, Cocok Buat Nemenin Me Time

BACA JUGA:Pembangunan di Mukomuko Berkembang Pesat, Tapi PBB-P2 Masih Stagnan

Ketika Anderson melakukan pengecekan domain, ia salah mengetik "google.com". Page dan Brin langsung menyukai nama "Google" dan memutuskan untuk menggunakannya sebagai nama resmi perusahaan mereka.

Sejak didirikan pada tahun 1998, Google telah berkembang pesat dan namanya menjadi identik dengan pencarian di internet. 

Bahkan, istilah "google" telah masuk ke dalam kamus sebagai kata kerja yang berarti mencari informasi di internet menggunakan mesin pencari Google.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: