Cara Mudah Merebus Daun Pepaya Untuk Hilangkan Rasa Pahitnya

Cara Mudah Merebus Daun Pepaya Untuk Hilangkan Rasa Pahitnya

Cara Mudah Merebus Daun Pepaya Untuk Hilangkan Rasa Pahitnya-Ilustrasi -

RMONLINE.ID - Jika memasak atau merebus daun pepaya masih pahit, sekarang jangan ragu, karena sangat mudah merebus daun pepaya untuk hilangkan pahitnya.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan rasa pahit pucuk pepaya dirangkum dari berbagai sumber:

Gunakan Garam

Juga sangat simpel, menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya cukup merebusnya dalam air garam. Cara cukup masukkan garam secukupnya ke dalam air rebusan daun pepaya. Waktu merebus daun pepaya 5 hingga 10 menit atau bisa lebih lama agar pahitnya benar-benar hilang. Setelah selesai direbus, tiriskan dan rendam dalam air dingin selama beberapa menit.

BACA JUGA:Apakah Berendam dengan Air Dingin atau Air Hangat yang Lebih Menguntungkan bagi Kesehatan Kita?

Gunakan Asam Jawa

Ternyata, pahit daun pepaya dapat berkurang dengan asam jawa. Caranya gunakan sedikit asam jawa agar daun pepaya tidak menjadi asam. Setelah daun pepaya matang dan empuk, cuci bersih daun pepaya kemudian peras. Pahitnya langsung hilang.

Gunakan soda kue

Salah satu cara menghilangkan atau mengurangi rasa pahit daun pepaya merujuk dari buku "Resep Makanan Rumahan Paling Digemari - Lezatnya Oseng-Oseng" 2013 oleh Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, yaitu menambah teh soda kue.

Takaranya setengah sendok teh soda kue untuk merebus 300 gram daun pepaya. Selain pahitnya berkurang juga daun pepaya tetap hijau.

BACA JUGA:Mengapa Kita Sering Gagal dalam Menghadapi Orang yang Pemarah dan Apa Saja Langkah-Langkahnya

Gunakan jeruk nipis

Cara lain meminimalisir pahit pucuk pepaya juga bisa gunakan jeruk nipis. Jeruk nipis membantu memecahkan zat pahit dan memberikan rasa segar pada daun pepaya. Caranya peras air jeruk nipis ke dalam air rebusan yang akan digunakan. Rebus air jeruk nipis hingga mendidih, selanjutnya masukkan daun pepaya yang sudah dicuci ke dalam air jeruk nipis yang mendidih. Jika sudah matang, rendam daun pepaya yang sudah direbus dengan air dingin.

Gunakan Daun Singkong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: