Stok Ikan di Mukomuko Minim, Dampak Gelombang Tinggi Nelayan Tidak Berani Melaut

Stok Ikan di Mukomuko Minim, Dampak Gelombang Tinggi Nelayan Tidak Berani Melaut

Stok Ikan di Mukomuko Minim, Dampak Gelombang Tinggi Nelayan Tidak Berani Melaut-Ilustrasi-rmonline.id

RMONLINE.ID - Sejak beberapa waktu lalu, gelombang dan ombak laut di pantai Kabupaten Mukomuko cukup besar, sehingga nelayan dihimbau untuk tidak memaksa diri melaut. Kondisi ini berdampak pada minimnya stok ikan untuk kebutuhan masyarakat di Mukomuko.

Kepala Dinas Perikanan Mukomuko, Edy Aprianto,SP mengatakan pihaknya sudah menyampaikan hibauan dan peringatan kepada ketua-ketua nelayan, terkait kondisi gelombang di laut Mukomuko saat ini sedang tinggi. 

BACA JUGA:Dinas Pertanian Mukomuko Siagakan Personel Pantau Kesehatan Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 2024

BACA JUGA:Polisi Dalami Kasus Bandit Pecah Kaca di Mukomuko, Pelaku Diyakini Lebih dari Satu Orang

Nelayan diminta untuk melihat kondisi, jangan mamaksa diri melaut saat cuaca sedang tidak bagus, karena bisa menimbulkan bahaya.

"Himbauan sudah kita sampaikan, nelayan jangan dulu melaut kalau kondisi gelombang sedang tinggi, karena belakangan ini pada jam-jam tertentu gelombang di Mukomuko cukup besar," katanya.

Lanjutnya, kondisi gelombang tinggi ini bukan saja di Mukomuko tapi juga di berbagai daerah lainnya. Hal seperti ini biasa terjadi setiap tahun atau beberapa tahun sekali.

Maka nelayan harus mewaspadainya dengan tidak memaksa diri ke laut hingga kondisi benar-benar aman, karena keselamatan diri jauh lebih penting.

BACA JUGA:Gerindra Minta 2 Syarat Ini Pada 6 Balon Bupati Mukomuko Jika Ingin Diberi Mandat

BACA JUGA:Masyarakat Bisa Sembelih Hewan Kurban di RPH Mukomuko Dibantu Penjagal Bersertifikat

Peringatan juga disampaikan kepada para nelayan atau masyarakat yang tinggal di sekitar bibir pantai, karena ombak besar bisa naik lebih jauh ke daratan.

"Utamakan keselamatan, kondisi seperti ini biasanya tidak lama dan sudah bisa terjadi. Bukan melaut saja, yang tinggal sekitar pantai harus hati-hati," paparnya.

Ia mengakui dampak dari berkurangnya aktivitas melaut nelayan, stok ikan di Mukomuko juga tidak sebanyak biasanya. 

Namun dipastikan sampai sekarang ikan untuk kebutuhan masyarakat masih aman dan harga ikan juga belum mengalami kenaikan yang berarti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: