Dianggap Lebih Aman dari Rokok, Ternyata Ini Efek Samping Memakai Vape Menurut Dokter

Dianggap Lebih Aman dari Rokok, Ternyata Ini Efek Samping Memakai Vape Menurut Dokter

Dianggap Lebih Aman dari Rokok, Ternyata Ini Efek Samping Memakai Vape Menurut Dokter-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Vape, atau rokok elektrik, semakin populer sebagai alternatif dari rokok konvensional. Banyak yang beralih ke Vape dengan harapan bahwa perangkat ini lebih aman daripada rokok biasa. 

Namun, apakah benar vape sepenuhnya aman? Menurut dokter dan penelitian terbaru, vape tetap memiliki efek samping yang perlu diperhatikan. 

Vape pertama kali dikenalkan sebagai cara untuk membantu perokok berhenti merokok. Dengan beragam rasa dan tampilan yang modern, vape berhasil menarik perhatian banyak orang, terutama generasi muda. 

BACA JUGA:Jenis Penyakit Yang Bisa Timbul Akibat Terlalu Sering di Ruangan Ber-AC

BACA JUGA:Tak Banyak yang Tahu, Inilah Manfaat Daun Rambutan Bagi Kesehatan

Namun, persepsi bahwa vape lebih aman dari rokok konvensional tidak sepenuhnya akurat. Menurut banyak ahli kesehatan, meskipun vape mungkin mengandung lebih sedikit zat berbahaya dibandingkan rokok, bukan berarti bebas risiko.

Salah satu efek samping utama dari penggunaan vape adalah masalah pernapasan. Menurut Dr. Michael Blaha dari Johns Hopkins Medicine, vape dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. 

Bahan kimia dalam cairan vape, seperti propilen glikol dan gliserin, bisa mengiritasi paru-paru dan menyebabkan gejala seperti batuk, sesak napas, dan dada terasa berat. 

Ada juga laporan tentang kondisi serius seperti EVALI (E-cigarette or Vaping Associated Lung Injury) yang menyebabkan kerusakan paru-paru parah dan bahkan kematian.

Banyak cairan vape mengandung nikotin, zat adiktif yang juga ditemukan dalam rokok konvensional. Menurut Dr. Rachel Boykan dari Stony Brook Children's Hospital, nikotin dalam vape bisa membuat penggunanya ketergantungan. 

Ini terutama berbahaya bagi remaja dan anak muda yang otaknya masih berkembang. Ketergantungan nikotin dapat mempengaruhi konsentrasi, memori, dan perilaku.

BACA JUGA:Tahukah dengan Tanaman Kabau? Ini 6 Manfaat Kabau untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:6 Bahan Alami yang dapat Dimanfaatkan untuk Menjaga dan Mengatasi Sakit Mata

Kemudian, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa vape juga dapat memiliki efek negatif pada kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: