Ini Dia Fungsi Garis Melengkung Segitiga yang Ada di Jalan Tol

Ini Dia Fungsi Garis Melengkung Segitiga yang Ada di Jalan Tol

Ini Dia Fungsi Garis Melengkung Segitiga yang Ada di Jalan Tol-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Saat berkendara di jalan tol, mungkin kamu pernah melihat garis-garis melengkung yang berbentuk segitiga di permukaan jalan. 

Apa sih sebenarnya fungsi dari garis-garis ini? Apakah sekadar hiasan atau punya tujuan tertentu? Yuk, kita kupas tuntas dengan gaya santai tapi informatif!

Garis melengkung segitiga ini dikenal dengan nama rumble strip atau garis penggetar. Nama ini sudah memberi sedikit petunjuk tentang fungsinya, yaitu menghasilkan getaran dan suara saat kendaraan melewatinya. 

Rumble strip biasanya ditempatkan di tepi jalan tol atau di sekitar area bahu jalan.

BACA JUGA:Sejarah Piala Dunia Pertama Dimulai Era Baru Sepakbola Internasional

BACA JUGA:Dihantui Isu Pungli, Pihak Sekolah Ketar-Ketir Hingga Minim Inovasi, Ini Langkah Diknas

Fungsi utama dari rumble strip adalah memberikan peringatan dini kepada pengemudi. Ketika roda kendaraan melintasi garis-garis ini, getaran dan suara yang dihasilkan cukup kuat untuk menarik perhatian pengemudi. 

Ini sangat berguna terutama saat pengemudi mulai mengantuk atau kurang fokus sehingga kendaraan sedikit keluar dari jalur yang seharusnya. 

Dengan adanya getaran dan suara tersebut, pengemudi akan tersadar dan bisa segera mengoreksi arah kendaraan.

Rumble strip juga membantu mengurangi risiko kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan keluar jalur, terutama di jalan tol dengan kecepatan tinggi. 

Menurut beberapa studi, pemasangan rumble strip di tepi jalan tol telah terbukti mengurangi jumlah kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan keluar jalur hingga 30-50%.Jadi, kehadirannya benar-benar memberikan dampak positif bagi keselamatan pengemudi.

Di beberapa lokasi, garis melengkung segitiga ini juga dipasang di area menjelang tikungan tajam atau sebelum zona kerja di jalan tol. 

Tujuannya adalah untuk mengingatkan pengemudi agar mengurangi kecepatan dan lebih waspada. Saat melewati rumble strip, pengemudi secara otomatis akan melambat karena getaran yang dirasakan.

BACA JUGA:Juni Merupakan Bulannya Bung Karno, Karena 3 Peristiwa Penting Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: