3 Cara Mengelola Keuangan untuk Single Parent

3 Cara Mengelola Keuangan untuk Single Parent

3 Cara Mengelola Keuangan untuk Single Parent-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Menjadi seorang single parent bukanlah tugas yang mudah, terutama dalam hal mengelola keuangan

Tanpa dukungan finansial dari pasangan, kamu harus cermat dalam merencanakan dan mengatur uang agar kebutuhan keluarga tetap terpenuhi. 

Tapi jangan khawatir, dengan beberapa langkah praktis, kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih baik. Berikut adalah tiga cara yang bisa kamu terapkan untuk mengelola keuangan sebagai single parent.

1. Buat Anggaran yang Realistis

Langkah pertama yang sangat penting adalah membuat anggaran yang realistis. Mulailah dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kamu.

Pemasukan bisa berupa gaji, tunjangan anak, atau sumber pendapatan lainnya. Sedangkan pengeluaran mencakup kebutuhan sehari-hari seperti makanan, pakaian, pendidikan anak, tagihan bulanan, dan transportasi.

BACA JUGA:Butuh Modal Usaha Rp 10 Juta Hingga Rp 500 Juta, Bisa Ajukan 5 Jenis KUR Mandiri Ini

BACA JUGA:Pengen Investasi Tapi Nggak Punya Modal? Begini Tips Investasi dengan Modal Minim

Setelah semua tercatat, tinjau kembali anggaranmu. Tentukan mana yang menjadi prioritas utama dan mana yang bisa dihemat. 

Misalnya, kamu mungkin bisa mengurangi pengeluaran untuk hiburan atau makan di luar, dan mengalokasikan lebih banyak dana untuk tabungan pendidikan anak atau kebutuhan mendesak lainnya. 

Dengan memiliki anggaran yang jelas, kamu akan lebih mudah mengontrol keuangan dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

2. Buat Dana Darurat

Sebagai single parent, memiliki dana darurat sangatlah penting. Dana darurat adalah sejumlah uang yang disimpan untuk menghadapi situasi tak terduga seperti biaya medis, perbaikan rumah, atau kehilangan pekerjaan. 

Idealnya, dana darurat ini setidaknya bisa mencukupi kebutuhan hidup selama 3-6 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: