Total Dana Rp1,6 Miliar, Pemkab Perbaiki Lampu Taman dan PJU di Kota Mukomuko

Total Dana Rp1,6 Miliar, Pemkab Perbaiki Lampu Taman dan PJU di Kota Mukomuko

Total Dana Rp1,6 Miliar, Pemkab Perbaiki Lampu Taman dan PJU di Kota Mukomuko--

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu solek wilayah Kecamatan Kota Mukomuko, dengan melaksanakan program perbaikan lampu taman kota dan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). 

Untuk dua kegiatan ini, Pemkab Mukomuko di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, Sapuan – Wasri telah mengalokasikan dana sebesar Rp1,6 miliar di APBD Kabupaten Mukomuko 2024.

‘’Terkait kondisi lampu taman dan lampu di ruas jalan utama kota sudah disampaikan masyarakat ke kita sejak dua tahun lalu. Baru tahun ini dapat kita respons, dan kegiatannya telah dianggarkan di dalam APBD dengan total pagu Rp1,6 miliar,’’ kata Bupati Mukomuko, H. Sapuan di Mukomuko. 

BACA JUGA:Bupati Sapuan Serahkan 6 Unit Ambulance Baru untuk Puskesmas, Rawat dan Gunakan Seperlunya

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Sambut Kunjungan UPP Saber Pungli Provinsi

Bupati Sapuan mengungkapkan, kegiatan penerangan kawasan taman kota dan PJU baru dapat dialokasikan anggarannya oleh Pemkab Mukomuko tahun ini. Bukan slow respons, keterlambatan ini disebabkan kondisi kemampuan keuangan daerah. Di mana sebelumnya banyak anggaran daerah yang tersita untuk penanganan pandemi Covid-19.      

‘’Perlu diketahui, untuk aspirasi masyarakat ini baru dapat diwujudkan anggarannya. Karena tahun sebelumnya kita sibuk dengan mengatasi persoalan pandemi Covid. Mudah-mudahan, aspirasi masyarakat kota akan penerangan ini dapat terwujud pembangunannya di tahun ini,’’ paparnya. 

Anggaran Rp1,6 miliar ini terbagi pada 2 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu kegiatan. Untuk perbaikan lampu taman kota, dialokasikan sebesar Rp600 juta melalui Bidang Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko. 

Kemudian, untuk perbaikan lampu jalan umum kota dianggarkan Rp1 miliar pada Dinas Perhubungan Mukomuko. 

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Inginkan Percepatan Operasional Rumah Sakit Pratama Ipuh

BACA JUGA:Masyarakat Malin Deman Gelar Tasyakuran Jalan Inpres, Apresiasi Perjuangan Bupati Mukomuko

Kepala Dinas PUPR Mukomuko, Apriansyah, ST., MT ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu, pihaknya membenarkan adanya anggaran sebesar Rp600 juta bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD 2024.

Sejumlah dana tersebut akan diperuntukkan untuk perbaikan lampu taman kota yang sudah mengalami kerusakan, dan pembangunan baru menara berikut dengan lampu penerangannya. 

‘’Dalam kesatuan kegiatan penerangan lampu taman kota ini, ada perbaikan lampu yang sudah rusak dan kemudian juga ada kegiatan pemasangan lampu baru, berikut dengan tiangnya. Ini masih dalam proses perencanaan, mudah-mudahan kegiatan ini akan bergulir ke tahapan pengadaan pada Juni mendatang,’’ ungkap Apriansyah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: