Segera Perhatikan Kuku Anda, Bila Ada 5 Tanda Ini, Kesehatan Anda Sedang Bermasalah

Segera Perhatikan Kuku Anda, Bila Ada 5 Tanda Ini, Kesehatan Anda Sedang Bermasalah

Segera Perhatikan Kuku Anda, Bila Ada 5 Tanda Ini, Kesehatan Anda Sedang Bermasalah-Ilustrasi -Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Dalam kehidupan sehari-hari, kuku sering kali hanya dianggap sebagai aksesori kecil yang mempercantik tampilan. 

Namun, siapa sangka bahwa kuku juga bisa menjadi cerminan dari kesehatan internal kita? 

Berbagai perubahan pada kuku, mulai dari warna, bentuk, hingga tekstur, bisa memberikan petunjuk tentang kondisi kesehatan yang mungkin tidak kita sadari. 

BACA JUGA:4 Minuman Herbal Bermanfaat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol, Begini Cara Membuatnya

BACA JUGA:Minuman Membantu Membersihkan Usus Kotor dan Mengatasi Sembelit

Mari kita telusuri lebih dalam apa saja yang bisa diketahui dari kuku kita:

- Kuku Kuning: Selain faktor penuaan dan penggunaan kuteks, kuku kuning juga bisa menjadi indikator adanya infeksi jamur. Lebih jauh lagi, kuku kuning bisa menandakan adanya gangguan pada tiroid, diabetes, hingga penyakit paru-paru seperti bronkitis kronis.

- Kuku Menghitam: Kuku yang menghitam biasanya terjadi akibat trauma atau cedera yang menyebabkan gumpalan darah. Namun, jika tidak ada sebab yang jelas, ini bisa menjadi tanda melanoma, salah satu jenis kanker kulit yang sangat berbahaya.

- Kuku Putih: Kuku putih atau leukonikia sering kali disebabkan oleh infeksi jamur atau kurangnya asupan darah ke ujung jari. Kondisi ini juga bisa menjadi indikator dari penyakit serius seperti sirosis hati, gagal jantung, atau diabetes.

BACA JUGA:Muharamin Mulai Ngegas, Para Sesepuh Mukomuko Siap Beri Dukungan

BACA JUGA:Ini Jawaban Sementara BNN Terkait Penangkapan 4 Terduga Gembong Narkoba di Mukomuko

Selain itu, ada beberapa kondisi lain yang bisa dideteksi melalui kuku, seperti:

- Kuku Kering, Pecah-Pecah, atau Rapuh: Kuku yang kering dan mudah pecah bisa menjadi indikasi dari kekurangan vitamin atau efek samping hipotiroidisme. 

Menggunakan pelembab tangan yang mengandung hyaluronic acid, glycerine, atau shea butter dapat membantu mengatasi masalah ini.

- Clubbing Kuku: Clubbing, yaitu ketika ujung jari membulat dan kuku tumbuh ke arah dalam, bisa menjadi tanda kurangnya kadar oksigen dalam darah. Kondisi ini bisa dikaitkan dengan penyakit paru-paru, sirosis, atau kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: