Cara Membedakan Es Batu Air Mentah dengan Air Matang Dengan Mudah, Bisa Dilihat Secara Kasat Mata

Cara Membedakan Es Batu Air Mentah dengan Air Matang Dengan Mudah, Bisa Dilihat Secara Kasat Mata

Cara Membedakan Es Batu Air Mentah dengan Air Matang Dengan Mudah, Bisa Dilihat Secara Kasat Mata-Ilustrasi -Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Es batu merupakan salah satu benda yang sederhana dan biasa tapi memiliki dampak yang cukup besar dalam dunia kuliner.

Es batu berfungsi sebagai pendingin minuman sehingga minuman bisa lebih segar dan enak di konsumsi.

Namun, perlu diingat jika kualitas air yang digunakan untuk membuat es batu dapat mempengaruhi rasa serta keselamatan minuman yang kita nikmati.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan antara es batu yang terbuat dari air matang dan air mentah.

BACA JUGA:6 Parfum yang Bisa Bikin Wangi Seharian dan Dapat Diisi Ulang, Cocok Untuk Aktivitas Harian

BACA JUGA:Masih Sulit Ngomong di depan Umum? Inilah Tips dan Cara Jago Public Speaking di Depan Umum

Di pasaran biasanya ada es batu yang dibuat dari air matang dan mentah. Es batu yang dibuat dari air matang umumnya dianggap lebih aman untuk digunakan karena air matang telah melalui proses sterilisasi yang membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya. 

Di sisi lain, es batu yang dibuat dari air mentah berpotensi mengandung patogen dan dapat menyebabkan penyakit jika dikonsumsi.

Meski belum ada penelitian atau angka pasti mengenai layak atau tidak es batu yang beredar, langkah penting untuk memastikan higienis es batu adalah dengan membuatnya sendiri di rumah. 

Lalu, apabila kamu sedang berada di luar rumah dan ingin minum minuman dingin dengan es batu, bagaimana cara membedakan mana es batu yang dibuat dengan air matang dan air mentah? 

Menurut BPOM, berikut ini adalah cara-caranya: 

Es batu dari air mentah berwarna putih karena masih banyak gas. Biasanya, es yang dibuat dari air mentah adalah es balok. Es ini tidak layak dikonsumsi, khususnya jika sumbernya adalah dari sungai yang tercemar.

Kemudian, Es batu yang dibuat dari air matang akan terlihat bening karena gas di dalamnya terlepaskan ketika proses perebusan. Biasanya, es seperti ini disebut es kristal. 

BACA JUGA:Perkiraan Cuaca Sore Ini, Waspada Bagi Yang Ingin Bepergian di Wilayah Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: