Ragam Wisata di Pulau Sumba Saat Merayakan Hari Raya Idul Fitri

Ragam Wisata di Pulau Sumba Saat Merayakan Hari Raya Idul Fitri

Ragam Wisata di Pulau Sumba Saat Merayakan Hari Raya Idul Fitri-Ilustrasi -Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Selama Idul Fitri, Anda dapat kenyamanan dan  keramahan penduduk lokal yang merayakan hari raya dengan sukacita. 

Berkunjung ke  desa-desa tradisional untuk melihat rumah adat Sumba yang unik, atau belajar tentang tenun ikat Sumba yang merupakan warisan budaya tak ternilai Pulau Sumba, terletak di Nusa Tenggara Timur, adalah sebuah destinasi wisata yang menawarkan lebih dari sekadar pemandangan alam yang indah. 

Di pulau ini, Anda akan menemukan sebuah mosaik budaya yang kaya dan alam yang masih sangat alami, menjadikannya tempat yang sempurna untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

BACA JUGA:Penampakan Lubang Jepang Bukittinggi yang Sudah Menjadi Objek Wisata Terkemuka

BACA JUGA:Dinkes Akan Kucurkan Rp 1 Miliar Lebih Untuk Pengadaan Perabot RS Pratama

Sumba dikenal dengan bukit-bukit savananya yang luas, pantai-pantai berpasir putih, dan laut biru yang jernih dengan berbagai ragam wisata yang menyejukan mata. 

Pantai Walakiri, dengan pohon-pohon bakau yang unik, menawarkan salah satu matahari terbenam terindah yang bisa Anda saksikan. 

Air Terjun Lapopu, yang tersembunyi di balik hutan, menjanjikan kesegaran dan ketenangan bagi setiap pengunjung.

Namun, Sumba tidak hanya tentang alam. Pulau ini juga kaya akan tradisi dan budaya. Festival Pasola, misalnya, adalah sebuah perayaan dimana para penunggang kuda beradu keberanian dengan melemparkan tombak kayu satu sama lain. 

Ini adalah pengalaman yang menegangkan namun juga penuh makna, mencerminkan keberanian dan kekuatan masyarakat Sumba.

BACA JUGA:Ternyata Tidak Hanya di Indonesia, Negara-Negara Ini Juga Memiliki Ketupat Pada Hari Raya Idul Fitri

BACA JUGA:Tips dan Trik Balik Mudik Aman dan Nyaman Bagi Penderita Vertigo

Selain itu, Tenun ikat Sumba dikenal dengan motifnya yang kompleks dan warna-warni, mencerminkan filosofi dan cerita rakyat setempat.

Pulau Sumba juga menawarkan pengalaman kuliner yang kaya rasa. Cobalah se'i, daging asap khas Sumba yang disajikan dengan sambal luat, atau nikmati jagung bose, makanan pokok masyarakat Sumba yang terbuat dari jagung, kacang-kacangan, dan kelapa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: