Sejarah Biskuit Khong Guan Yang Tak Terkalahkan Oleh Kue Lebaran Sekalipun

Sejarah Biskuit Khong Guan Yang Tak Terkalahkan Oleh Kue Lebaran Sekalipun

Sejarah Biskuit Khong Guan Yang Tak Terkalahkan Oleh Kue Lebaran Sekalipun--

RADARMUKOMUKO.COM - Walau persaingan makin ketat dan banyak produk serupa, Biskuit Khong Guan masih paling viral dan paling diminati, bahkan Biskuit Khong Guan mampu meyaiki kue lebaran dengan berbagai jenis dan rasa.

Keberadaan Biskuit Khong Guan di meja tamu masih menjadi primadona dan banyak dipilih oleh penikmat makanan berupa roti-rotian ini.

"Memang Biskuit Khong Guan tidak terkalahkan, kue lebaran saja kadang kalah kalau disandingkan di meja tamu," kata salah seorang penggemarnya.

Sejarah berdiri, berdasarkan situs resmi Khong Guan, bisnis ini dirintis Chew Choo Keng dan Chew Choo Han, dua saudara imigran dari Fujian China, yang pindah ke Singapura pada 1935.

BACA JUGA:Bupati Terkaya di Bengkulu Bakal Maju Calon Gubernur, Jika Patahana Terganjal Aturan

BACA JUGA:Awalnya Jalan Kaki, Suku Anak Dalam Yang Meminta-Minta Saat Lebaran Sudah Menaiki Motor

Dua bersaudara ini sempat bekerja di pabrik biskuit lokal di Singapura. Namun pada tahun 1940, Jepang menginvasi negara itu sehingga mereka berdua harus mengungsi ke Perak, Malaysia.

Ditempat yang baru, mereka tetap memproduksi dan menjual biskuit sampai akhirnya pasokan gula dan tepung menjadi langka. 

Keduanya sempat beralih profesi jadi penjual garam dan sabun dampak dari kondisi ini.

Pada 1945 setelah Jepang pergi dari Singapura, kedua saudara ini kembali pindah ke Negeri Singa. Dengan dukungan keluarga, mereka akhirnya kembali menjual biskuit.

Kemudian mereka sukses membangun Khong Guan Biscuit (KGB) Factory alias pabrik pertama mereka di Jalan 18 Howard, Singapura pada 1947.

Dari sana perusahaan ini terus berekspansi ke luar negeri. Termasuk di antaranya Indonesia dengan membangun pabrik produksi sekitar tahun 1970an. 

BACA JUGA:Pulang dari Jakarta Bupati Gelar Open House, Pejabat dan Warga Berdatangan ke Rumah Dinas

BACA JUGA:Jomblo Ingin Cari Jodoh, Berikut 7 Daerah Gudangnya Gadis-Gadis Cantik Mempesona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: