Sulit Dipercaya, Objek Wisata Lembah Harau Payakumbuh Dulunya Adalah Lautan

Sulit Dipercaya, Objek Wisata Lembah Harau Payakumbuh Dulunya Adalah Lautan

Sulit Dipercaya, Objek Wisata Lembah Harau Payakumbuh Dulunya Adalah Lautan-Istimewa-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Semua orang terutama di wilayah Sumatera tahu, objek wisata lembah harau yang berada di Kabupaten 50 Kota dengan Ibukota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Fakta mengejutkan lagi, melansir dari berbagai sumber, menurut beberapa ahli geologi dahulunya lembah harau merupakan sebuah lautan.

Pendapat ini di dukung dengan banyak ditemukannya berbagai endapan yang belum terganggu berada didaratan karenanya secara teoritis bisa disimpulkan daerah itu dahulunya laut. 

BACA JUGA:6 Orang Yang Tidak Diwajibkan Berpuasa, Semoga Kamu Tidak Termasuk

BACA JUGA:Bulan Ramadhan Malah Jadi Boros? Ini Tips Mengatur Keuangan Agar Hemat Selama Ramadhan

Hal tersebut diperkuat oleh temuan dari survey team geologi Jerman (Barat) yang meneliti jenis bebatuan yang terdapat di Lembah Harau pada tahun 1980. 

Dari hasil survey team tersebut dapat diketahui bahwa batuan yang ada di perbukitan Lembah Harau adalah batuan Breksi dan Konglomerat yang merupakan jenis bebatuan yang umumnya terdapat di dasar laut.

Secara geologi, batuan yang ada disana berumur cukup tua, kira-kira 30-40 juta tahun.

Batuan seumur ini yang sangat halus berupa serpih (besar butir lebih kecil dari pasir 1/16 mm) yang merupakan batuan yang banyak mengandung organic carbon, yaitu batuan yang terbentuk dari sisa-sisa organisme. 

BACA JUGA:Menggali Makna Berbuka Puasa dengan Bijak: Sebuah Refleksi Sunnah Nabi

Yang pasti, Objek wisata satu ini memiliki banyak keunikan dan menyajikan keindahan yang menakjubkab bagi siapa saja yang datang ke sana.

Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 meter hingga 300 meter. 

Sebuah monumen peninggalan Belanda yang terletak di kaki air terjun Sarasah Bunta merupakan bukti bahwa Lembah Harau sudah sering dikunjungi orang sejak 1926. 

Kawasan Objek wisata Lembah Harau ini terdiri dari 3 (tiga) kawasan: Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: