Manfaat Bermain Bagi Anak, Orang Tua Harus Paham dan Jangan Dilarang

Manfaat Bermain Bagi Anak, Orang Tua Harus Paham dan Jangan Dilarang

Manfaat Bermain Bagi Anak, Orang Tua Harus Paham dan Jangan Dilarang-Ilustrasi-Berbagai Sumber

- Bermain balok-balok mainan, membentuk lilin atau tanah liat, menggambar dan sebagainya, dapat mendorong kreativitas anak

- Bermain dapat membantu mengembangkan kepribadian seperti bertanggungjawab, bekerjasama, mematuhi perauran dan sebagainya.

- Bermain dapat membantu anak mengenal dirinya dengan baik yang berkaitan dengan kelemahan, kekurangan ataupun kelebihannya.

- Bermain dapat digunakan sebagai penyalur keinginan dan kebutuhan anak yang tidak terpenuhi.

- Bermain bersama anggota keluarga dapat mengakrabkan hubungan antara anak dengan anggota keluarga lain.

Kegiatan bermain yang dilakukan anak-anak akan menampakkan sampai di tahap manakah pertumbuhan dan perkembangan yang telah dilampaui oleh anak. 

Sehingga, sangat dianjurkan bagi pendidik atau orangtua anak PAUD selalu menyisipkan unsur edukasi dalam setiap kegiatan bermain anak-anak.

Kendati demikian, pendidik maupun orangtua dapat ikut masuk ke dunia bermain anak-anak sambil mengamati dan memberikan penilaian.

Intinya, bermain dapat membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang kuat, sehat, dan mandiri. Ini juga yang membantu mereka berkembang secara emosional. Jadi, bila si Kecil dilarang bermain atau kurang waktu untuk bermain, ada efek negatif yang bisa bertahan dalam jangka waktu panjang. 

Beberapa studi menunjukkan bahwa ketika anak-anak tidak memiliki kesempatan untuk bermain di luar ruangan, mereka berisiko mengalami gangguan fokus dan perilaku atau dikenal pula dengan kondisi ADHD (attention deficit hyperactivity disorder).

Tanpa permainan, anak-anak tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan imajinasi dan membangun keterampilan yang mereka butuhkan untuk berhasil di tempat kerja kelak. Kurangnya waktu bermain juga dapat menghambat perkembangan sosial dan emosional anak.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: