Ingin Dapat Pahala Berlipat Ganda Di Bulan Ramadhan, Laku 5 Amalan Berikut

Ingin Dapat Pahala Berlipat Ganda Di Bulan Ramadhan, Laku 5 Amalan Berikut

Ingin Dapat Pahala Berlipat Ganda Di Bulan Ramadhan, Laku 5 Amalan Berikut-Ilustrasi -radarmukomuko.com

RADARMUKOMUKO.COM - Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Di bulan ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kemuliaan dan keutamaan yang luar biasa bagi orang-orang yang berpuasa dengan iman dan ihtisab.

Selain itu, Allah juga membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka di bulan ini. Namun, tahukah Anda ada amalan pahalanya bisa berlipat ganda, ketika anda lakukan di bulan Ramadhan?

Ada banyak amalan lain yang ringan namun berpahala besar yang bisa Anda lakukan di bulan Ramadhan.

BACA JUGA:Penampakan, Mobil Mewah Hingga Fuso Tertanam Dalam Lumpur, Banjir Bandang Sumbar

Amalan-amalan ini bisa menjadi pelengkap dan penyempurna puasa Anda, sekaligus menjadi sarana untuk mendekatkan diri Anda kepada Allah. Apa saja amalan-amalan tersebut? Berikut adalah lima di antaranya:

1. Bersedekah.

Sedekah adalah amalan yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Sedekah bisa dilakukan kapan saja, namun di bulan Ramadhan sedekah menjadi amalan utama pendamping puasa. Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam merupakan seorang yang dermawan, terutama di bulan Ramadhan.

Beliau bersabda, “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan.” Sedekah bisa berupa uang, barang, makanan, minuman, atau apapun yang bermanfaat bagi orang lain. Sedekah bisa dilakukan kepada siapa saja, terutama kepada fakir miskin, yatim piatu, dan kerabat. Sedekah akan menambah keberkahan harta Anda, menghapus dosa-dosa Anda, dan melindungi Anda dari api neraka. Selain itu, sedekah juga akan menumbuhkan rasa cinta, kasih sayang, dan kepedulian antara sesama muslim.

2. Memberi santapan buka puasa.

Memberi makan atau minum untuk berbuka puasa adalah sedekah terbaik di bulan Ramadhan. Pasalnya, setiap memberi seseorang hidangan berbuka, Anda akan mendapat pahala puasa orang tersebut tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang diberi. Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.”

BACA JUGA:Munculnya Harimau Sumatera di Perkebunan Sawit, Bisa Saja Karena Melatih Anaknya, Warga Diminta Berhati-Hati

Memberi santapan buka puasa juga bisa menumbuhkan rasa persaudaraan, kasih sayang, dan kepedulian antara sesama muslim. Anda bisa memberi santapan buka puasa kepada keluarga, tetangga, teman, saudara, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal. Anda juga bisa berpartisipasi dalam program-program berbuka puasa yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga atau organisasi.

3. Sholat Qiyamul Lail (sholat malam).

Sholat malam adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Sholat malam bisa dilakukan sendirian atau berjamaah, di rumah atau di masjid. Sholat malam bisa dilakukan sebelum atau sesudah sahur, dengan jumlah rakaat sesuai kemampuan. Sholat malam akan memberikan ketenangan, kekuatan, dan keistiqomahan bagi orang yang melakukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: