Ada yang Sampai 12 Waktu, Inilah Negara dengan Jumlah Waktu Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk?

Ada yang Sampai 12 Waktu, Inilah Negara dengan Jumlah Waktu Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk?

Ada yang Sampai 12 Waktu, Inilah Negara dengan Jumlah Waktu Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk?-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Dalam menentukan waktu, setiap negara pasti memiliki kebijakannya yang berbeda-beda.

Penentuan waktu tersebut dapat didasarkan pada pembatasan zona waktu antar wilayah dimana setiap negara memiliki zona waktu yabg berbeda-beda.

Zona waktu sendiri bisanya mengacu pada suatu wilayah geografis yang berfungsi untuk kepentingan hukum, komersial, hingga sosial suatu negara.

Meski begitu, perbedaan zona waktu dalam suatu negara sendiri bisa beragam jumlahnya. Cintohnya saja seperti di Indonesia yang memiliki 3 zona waktu.

BACA JUGA:iOS 17.4 Resmi Dirilis, Hadirkan Sejumlah Fitur Terkini dan Emoji Baru

BACA JUGA:Makin Parah, Erosi Sungai Ancam Permukiman Penduduk Mukomuko, Termasuk Rumah Elvi Sukaisih

Bahkan, ada juga negara yang memiliki wilayah yang sangat luas tapi hanya memiliki satu zona waktu saja.

Nah, berikut adalah negara dengan zona waktu terbanyak yang ada di dunia.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat ada dinobatkan sebagai salah satu negara dengan zona waktu terbanyak di dunia. Negara ini memiliki zona waktu sebanyak 11 waktu.

Wilayah dengan ke-11 zona waktu berbeda itu antara lain, Pulau Baker dan Pulau Howland (UTC-11); Samoa Amerika Pulau Jarvis, Terumbu Karang Kingman, Atol Midway, dan Atol Palmyra (UTC-11); Hawaii, sebagian besar Kepulauan Aleutian, dan Atol Johnston (UTC-10); sebagian besar wilayah Alaska (UTC-9).

Kemudian, negara bagian di Pantai Pasifik, tonjolan Idaho, dan sebagian besar Nevada dan Oregon (UTC-8); sebagian besar Idaho, sebagian kecil Oregon, negara bagian di pegunungan serta bagian barat negara bagian yang berdekatan (UTC-7).

Wilayah yang membentang dari Pesisir Gulf hingga Great Lakes (UTC-6); segitiga yang melipui seluruh negara bagian mulai dari Great Lakes hingga Florida dan timur hingga pantai Atlantik (UTC-5).

Puerto Rico, Kepulauan Virgin Amerika Serikat (UTC-4); Guam dan Kepulauan Mariana sebelah utara (UTC+10); dan Kepulauan Wake (UTC+12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: