Ini Puasa yang Di Cintai Rosulullah, Persiapan Menuju Ramadhan Penuh Berkah

Ini Puasa yang Di Cintai Rosulullah, Persiapan Menuju Ramadhan Penuh Berkah

Ini Puasa yang Di Cintai Rosulullah, Persiapan Menuju Ramadhan Penuh Berkah-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Puasa Syaban adalah salah satu amalan yang dicintai Rasulullah SAW. Puasa Syaban dilakukan pada bulan Syaban, yaitu bulan kedelapan dalam kalender Hijriyah, sebelum memasuki bulan Ramadhan

Puasa Syaban memiliki banyak manfaat, baik secara spiritual maupun kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa Syaban yang perlu diketahui.

Pembersih jiwa atau tazkiyatun nafs

Puasa Syaban dapat membersihkan jiwa dari sifat-sifat buruk, seperti iri, dengki, sombong, dan lain-lain. 

Puasa Syaban juga dapat meningkatkan kualitas ibadah, seperti shalat, dzikir, dan baca Alquran. Puasa Syaban juga dapat membantu kita untuk menghadapi tantangan dan godaan di bulan Ramadhan dengan lebih kuat dan sabar.

Agar mencapai derajat takwa

Puasa Syaban dapat membantu kita untuk mencapai derajat takwa, yaitu kesadaran dan ketakwaan kepada Allah SWT. Puasa Syaban dapat melatih kita untuk menahan hawa nafsu, seperti lapar, haus, marah, dan syahwat. 

Puasa Syaban juga dapat mengajarkan kita untuk lebih bersyukur atas nikmat yang Allah berikan, seperti kesehatan, rezeki, dan kehidupan.

Proses mendidik diri

Puasa Syaban dapat menjadi proses mendidik diri untuk menjadi lebih baik. Puasa Syaban dapat mengajarkan kita untuk lebih disiplin, teratur, dan bertanggung jawab. 

Puasa Syaban juga dapat mengasah kemampuan kita untuk berpikir, berkreasi, dan berinovasi. Puasa Syaban juga dapat meningkatkan keterampilan sosial kita, seperti komunikasi, kerjasama, dan toleransi.

BACA JUGA:Dinas Pertanian Turunkan 32 Petugas Periksa Ketersediaan Daging di Pasar Tradisional Mukomuko

Melatih untuk menahan syahwat

Puasa Syaban dapat melatih kita untuk menahan syahwat, baik yang bersifat lahir maupun batin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: